Apa Kabar Hutan Mangrove Lembar ? - LPM Sativa
Senin, 18 November 2019

Apa Kabar Hutan Mangrove Lembar ?


Siapa yang tak kenal dengan pulau Lombok? Ya, bila mendengar pulau Lombok tentunya sudah terbayang berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Mulai dari pantai, air terjun dan masih banyak lagi.  Salah satu destinasi wisata yang unik dan tak kalah populernya adalah Ekowisata Hutan Mangrove Lembar.Dibenak kita terlintas hutan mangrove itu seram, berlumpur dan letaknya terpencil. Namun ekowisata ini tidak seram, dekat dengan pemukiman dan mudah dijangkau.

Lokasi Ekowisata Mangrove Lembar ini mudah ditemukan, yaitu bertempat di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat tepatnya di belakang Dit Pol Air Polda NTB. Waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi ini dari Kota Mataram ialah sekitar 45 menit jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Jarak dari pelabuhan Lembar ialah 3 km dan 1,5 dari pantai Cemara. Karena letaknya yang tak terlalu jauh dari pelabuhan Lembar membuat ekowisata ini banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Pengunjung dimanjakan oleh pemandangan hutan mangrove yang lebat dan hijau. Suasana yang tenang dan nyaman ini menjadikan hutan mangrove pilihan untuk melepas penat dari padatnya aktifitas. Pagi hari dan sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi ekowisata ini. Selain menikmati keasrian hutan, pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto ria pada spot-spot foto yang telah disediakan.

Mengelilingi hutan mangrove dapat dilakukan dengan berjalan melewati jembatan kayu disepanjang hutan atau pun menggunakan rakit. Namun, saat ini ekowisata Hutan Mangrove Lembar sudah tidak terawat seperti dahulu.


Jembatan kayu yang berada disepanjang kawasan ekowisata mulai goyang dan berlubang sehingga membahayakan pengunjung. Bahkan, ada jembatan yang sudah ambruk.Sekarang ini jumlah pengunjung tidak sebanyak saat sebelum jembatan ambruk. Hal tersebut dikarenakan pengunjung memikirkan keselamatan mereka dan pengunjung harus lebih berhati-hati.

Meskipun demikian, pengunjung tetap dapat menikmati keindahan Hutan Mangrove Lembar. Kondisi jembatan kayu saat ini membuat pengunjung tidak bisa leluasa berjalan lebih jauh. Alternatif lain bagi pengunjung dalam menikmati keindahan hutan ialah menaiki perahu. Dengan biaya Rp 10,000 per orang, pengunjung tetap dapat menikmati keasrian hutan mangrove kurang lebih selama 1 jam. (Choi)

Apa Kabar Hutan Mangrove Lembar ? Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/18/2019 Rating: 5 Siapa yang tak kenal dengan pulau Lombok? Ya, bila mendengar pulau Lombok tentunya sudah terbayang berbagai destinasi wisata yang dapat...

Tidak ada komentar: