Maulid Nabi, Ajang Ukhuwah antar kerabat - LPM Sativa
Senin, 25 November 2019

Maulid Nabi, Ajang Ukhuwah antar kerabat

Doc. LPM SATIVA
Perayaan  Maulid Nabi di Desa Pagutan, Batukliang, Lombok Tengah.
Bulan November tahun ini terasa spesial karena bertepatan dengan Bulan Rabi’ul Awal, dimana umat Islam diberbagai daerah merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, atau biasa dikenal dengan istilah Maulid Nabi. Di daerah Lombok khususnya, banyak kegiatan dilaksanakan, diantaranya adalah : Pembacaan Sholawat Nabi, Dzikir Bersama dan lainnya.  Sebagian masyarakat Lombok juga memanfaatkan  momen ini untuk acara Ngurisan (Aqiqah) bayi yang baru lahir, ada juga yang melakukan Khitanan anak mereka untuk mengambil berkah dari bulan kelahiran Baginda  Nabi Muhammad Saw, tersebut.

Acara “Maulidan” juga merupakan ajang mempererat Ukhuwah (Persaudaraan yang dijalin antar umat Islam) yang mengundang keluarga, teman dan lain sebagainya untuk menikmati dan menyantap menu maulid yang disajikan. Sebagian besar masyarakat Lombok menyebut menu yang dihidangkan saat maulid yaitu Dulangan. Dulangan adalah penyajian makanan yang dikumpulkan disuatu tempat, biasanya menggunakan bakul atau nare yang di isi dengan makanan Maulid khas Lombok. Setiap satu kepala keluarga mempunyai tanggung jawab untuk menyumbang satu bakul makanan (Dulangan) yang akan di antarkan ke Masjid untuk di bagikan atau di santap oleh tamu undangan.

Doc. LPM SATIVA
Menu dulangan yang disajikan pada perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw.
Untuk waktu pelaksanaannya berbeda-beda di setiap daerah,  ada yang merayakannya pada waktu pagi hari, ada yang siang hari, ada yang sore hari, dan ada juga yang malam hari. Masing-masing Desa di Lombok sudah memiliki jadwal tersendiri untuk merayakan maulid Nabi Muhammad Saw. Dengan adanya acara “Maulidan” ini, kita bisa melihat kekompakan, rasa kekeluargaan yang tinggi dan keramah-tamahan warga desa  untuk menyambut tamu yang hadir mengunjungi mereka dalam perayaan adat Maulid Nabi Muhammad Saw. (Lrs)
Maulid Nabi, Ajang Ukhuwah antar kerabat Reviewed by Team LPM SATIVA on 11/25/2019 Rating: 5 Doc. LPM SATIVA Perayaan   Maulid Nabi di Desa Pagutan, Batukliang, Lombok Tengah. Bulan November tahun ini terasa spesial karena b...

Tidak ada komentar: