Kurang Percaya Diri di Kampus? Yuk Simak 7 Cara Mengatasinya - LPM Sativa
Sabtu, 30 November 2019

Kurang Percaya Diri di Kampus? Yuk Simak 7 Cara Mengatasinya

Menjadi mahasiswa baru (maba) di kampus terkadang membuat kita merasa tidak percaya diri. Hal ini mungkin tidak terjadi pada mahasiswa baru saja. Bagi sebagian orang, kepercayaan diri muncul secara alami. Sedangkan yang lain membutuhkan waktu untuk bisa mengembangkannya.

Terkadang memang sulit meyakinkan untuk bisa percaya diri karena beberapa hal yang mungkin bisa saja berpengaruh. Hal itu bisa datang dari diri sendiri ataupun lingkungan sekitar.

Padahal, satu-satunya orang yang bisa meningkatkan kepercayaan diri adalah dirimu sendiri. Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Buat keyakinan dan kebahagiaanmu jadi nyata
Setiap kali kamu merasa buruk atau mengucapkan sesuatu yang negatif tentang diri sendiri, balikkanlah kata-kata itu menjadi sesuatu yang positif. Katakan pada dirimu bahwa kamu cantik, percaya diri, dan kuat. Serta ucapkan pada dirimu sendiri saya bisa dan saya mampu.

Yakinkan dirimu sendiri setiap pagi bahwa kamu akan mengalami hal-hal yang baik dan kamu tidak akan membiarkan orang-orang yang tidak baik merusaknya. Teknik itu dikenal dengan sebutan afirmasi positif, di mana kamu menempatkan diri sendiri dalam suasana hati yang lebih baik.

2. Buang jauh-jauh hal negatif dalam dirimu
Jika kamu memiliki teman atau anggota keluarga yang selalu berkata buruk tentangmu dan meremehkanmu, tutuplah telinga dan mulai fokus terhadap hidupmu sendiri. Kamu mungkin tidak bisa meminta untuk bisa menjalani kehidupan yang selalu positif, tetapi kamu bisa menghindari dan menyingkirkan hal-hal negatif yang ada.

Jangan selalu mendengarkan omongan negatif yang bisa membunuh pikiranmu, berpikirlah positif dan fokus pada hidupmu sendiri.

3. Ciptakan sistem pendukung di sekitarmu
Berhentilah berada bersama orang-orang yang membawa pengaruh negatif dalam pikiranmu. Mulai sekarang, coba ciptakan sistem pendukung yang berisi orang-orang yang menginspirasi dan membuat kamu percaya diri.

4. Singkirkan rasa takut akan suatu kegagalan
Hidup adalah tentang mengambil resiko, mengambil kesempatan, dan pilihan yang terkadang tidak kita ketahui. Hal itu seringkali membuat seseorang menjadi takut dan berkecil hati untuk mengambil peluang atau kesempatan dalam hidup.

Padahal kegagalan adalah hal yang wajar dan pasti dialami setiap orang. Jika kamu mengalami hal itu, kamu harus bisa mendorong pikiranmu yang sedang ketakutan untuk bisa melakukan sesuatu dan mengubahnya menjadi lebih baik. Karena banyak yang mengatakan kegagalan adalah proses  awal menuju kesuksesan.

5. Berdirilah dan beri rasa bangga
Salah satu untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan berdiri tegak. Saat berjalan ataupun memasuki ruangan, pastikan kamu tidak berjalan atau duduk dengan punggung membungkuk. Ketika kamu berdiri lebih tegak dengan kepala terangkat, otak akan menganggap itu sebagai pertanda bahwa kamu percaya diri dalam tiap keputusan yang kamu ambil.

6. Berikan pujian untuk dirimu sendiri
Kamu harus bisa menjadi pendukung terbesar untuk dirimu sendiri. Jangan lupa berikan pujian dan penghargaan atas dirimu sendiri dan atas apapun yang telah kamu lakukan. Memang terdengar mudah, nyatanya hal ini masih sedikit dilakukan oleh kebanyakan orang. Katakanlah sesuatu yang baik tentang dirimu sendiri, sekali atau beberapa kali sehari. Karena pujian dan penghargaan bisa meningkatkan kepercayaan dirimu.

7. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Mengagumi seseorang di media sosial adalah hal yang wajar dilakukan. Tetapi, jangan sampai hal itu membuat kamu jadi membandingkan diri sendiri dengan orang-orang yang ada di media sosial. Mereka mungkin terlihat cantik, bahagia dan sempurna, tetapi itu hanya yang kamu lihat di media. Di balik itu semua, mungkin saja mereka juga memiliki hari-hari buruk yang tidak mereka tunjukkan padamu. Jadi, jangan selalu membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. (R.A.R)

Semoga bermanfaat ya!
Kurang Percaya Diri di Kampus? Yuk Simak 7 Cara Mengatasinya Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/30/2019 Rating: 5 Menjadi mahasiswa baru (maba) di kampus terkadang membuat kita merasa tidak percaya diri. Hal ini mungkin tidak terjadi pada mahasiswa bar...

Tidak ada komentar: