Penyakit Mental Mahasiswa, Nomor 3 Paling Banyak Dialami Anak Kos!!! - LPM Sativa
Kamis, 28 November 2019

Penyakit Mental Mahasiswa, Nomor 3 Paling Banyak Dialami Anak Kos!!!

Pic : okezone
 Apakah kamu seorang mahasiswa ? apa yang kamu rasakan selama menjadi seorang mahasiswa? Capek? Stres? Atau justru menyenangkan?.

Menjadi mahasiswa kadang mengharuskan seseorang keluar dari zona nyamannya. Sendiri dan harus mandiri dalam mengatur segala sesuatunya. Tak ayal penyakit stres kadang menjadi penyakit yang tak susah ditemui dikalangan mahasiswa.

Stres tugas yang menumpuk, stres uang yang menipis dikala akhir bulan, ataupun stres karna masalah percintaan selalu menjadi momok menakutkan yang pasti akan dirasakan oleh mahasiswa.

Dikutip dari Everyday Health, ternyata 27 % mahasiwa mengalami masalah mental loh. Yuk kita kenali masalah mental apa saja sih yang sering menghantui mahasiswa.

1. Depresi
Masalah mental yang pertama adalah depresi. Depresi merupakan kondisi dimana penderita merasakan sedih berkepanjangan. Jangan sekali-kali menyepelekan depresi ya teman-teman. Sebab depresi dapat berpengaruh terhadap pikiran, perasaan, tindakan, dan ujung-ujungnya kesehatan lah yang akan menjadi korbannya. Parahnya, bagi penderita depresi yang tidak bisa mengatasi depresinya, bunuh diri menjadi jalan satu-satunya dipikiran mereka untuk lepas dari depresinya. Oleh karena itu, curhat ke sahabat dan mendekatkan diri ke Tuhan bisa menjadi pilihan untuk mencegah depresi berkepanjangan loh.

2. Gangguan kecemasan
Apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami fobia berlebihan berbicara depan umum? Yak! Itu dikategorikan kedalam sakit mental loh teman-teman. Fobia akan membuat penderitanya menjadi panik dan cemas sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kamu mengalami berbagai gejala gangguan kecemasan seperti gelisah, detak jantung meningkat, gemetar, keringatan, serta kesulitan dalam mengontrol rasa takut ada baiknya kamu segera pergi berkonsultasi dengan terapis untuk menghilangkan penyakit gangguan kecemasan tersebut.

3. Gangguan makan
Penyakit mental satu ini umumnya paling sering dialami oleh para anak kuliahan. Umumnya, stres karena tugas menumpuk dan tinggal jauh dari orang tua dapat memicu gejala gangguan makan. Bagi para mahasiswa yang nge-kos penyakit magh menjadi penyakit yang sering melanda, apalagi di akhir bulan haha. Oleh karena itu, perlunya bantuan orang-orang terdekat (pacar misalnya) untuk terus memantau dan mengingatkan makan sangat diperlukan ya teman-teman.

4. Insomnia
Insomnia merupakan salah satu dari gejala masalah mental yang sering dialami oleh mahasiswa. Kebiasaan satu ini memang sangat sulit untuk dihilangkan. Lebih-lebih lagi saat mahasiswa mempunyai tugas yang menumpuk, saat akan ujian keesokannya, ataupun kegiatan stalking mantan yang gak ada habisnya, ujung-ujungnya waktu tidur di malam hari yang menjadi korbannya. Perlu adanya kesadaran dari mahasiswa untuk tidur tepat waktu dengan membuat aturan tidur yang ketat. Hindari juga berbagai stimulan seperti kafein dan juga nikotin ya teman-teman.

Apakah kalian mengalami penyakit mental di atas? Berbagai penyakit mental tersebut harus segera di tangani. Pasalnya, tak hanya akan mengganggu prestasi akademik saja tetapi juga berakibat buruk pada kesehatan teman-teman. (eby)
Penyakit Mental Mahasiswa, Nomor 3 Paling Banyak Dialami Anak Kos!!! Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/28/2019 Rating: 5 Pic : okezone  Apakah kamu seorang mahasiswa ? apa yang kamu rasakan selama menjadi seorang mahasiswa? Capek? Stres? Atau justru menyena...

Tidak ada komentar: