Tips Hidup Sehat - LPM Sativa
Selasa, 12 November 2019

Tips Hidup Sehat

Pic : doktersehat.com
Hidup sehat tentunya menjadi dambaan bagi semua orang. Namun tidak sedikit yang enggan melakukan hidup sehat ini karena tidak menyenangkan, sulit dijalani dan terbentur oleh kesibukan. Asal ada niat dan kemauan yang keras maka hidup sehat dapat dilakuan dengan mudah dan menyenangkan.
  1. Berolahraga
    Olahraga adalah hal yang penting dilakukan. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat dan bugar kembali. Sekarang ini, banyak orang yang mengaggap bahwa berolahraga itu melelahkan sehingga semakin banyak orang yang malas berolahraga. Padahal dengan berolahrga membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit karena sirkulasi darah didalam tubuh lancar. Usahakanlan melakukan olahraga setiap hari. Bagi orang yang sibuk dapat melakukan pemanasan kecil di pagi hari. Olahraga dapat dilakukan dengan menyenangkan bila dipadukan dengan hobi seperti bersepeda, berenang, futsal dan masih banyak lagi. Minimal lakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya.
  2. Istirahat yang Cukup
    Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan kembali dalam kondisi yang prima kembali. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Menurut national sleep foundation bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Kekurangan waktu tidur akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Sesibuk apapun anda, usahakanlah untuk tidur yang cukup.
  3. Banyak Minum Air Putih
    Air adalah komponen terpenting dalam tubuh kita. Sekitar 60% tubuh terdiri oleh cairan. Oleh karena itu, kebutuhan air didalam tubuh haruslah tercukupi. Cairan tubuh dengan mudahnya dapat keluar melalui urin, fese ataupun keringat. Hal sederhana yang dapat dilakukan ialah banyak minum air putih. Asupan air perhari ialah 1,5 L atau 8 gelas.Untuk menjaga ebutuhan air terpenuhi, bawalah botol yang berisi air kemanapun anda pergi.
  4. Menjaga Pola Makan
    Sekarang iniberbagai macam penyakitmenyerang manusia akibat pola makan yang tidak sehat dan terjaga. Disepanjang jalanterdapat banyak tempatyang menjual makanan cepat saji atau makanan yang tidak higienis. Kurangnya kesadaran manusia mengenai bahayanya mengkonsumsi makanan cepat saji ini membuat pola makan mereka berubah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ini, sebaiknya makanan cepat saji diganti dengan memakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena mengandung banyak nutrisi. Secara umum sayur dan buah merupakan sumbervitamin, mineral dan serat pangan.
Kebutuhan gizi harus berimbang dengan mengkonsumsi beragam buah dan sayur. Selain itu, porsi makan harus dijaga agar tidak berlebihan dan menimbulkan kegemukan. Dalam mengolah makanan pun haruslah diolah dengan benar dengan menghindari makanan dengan cara digoreng karena menimbulkan banyak resiko kesehatan. Sebaiknya makanan diolah dengan cara dikukus, ditumis atau direbus.

Tips Hidup Sehat Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/12/2019 Rating: 5 Pic : doktersehat.com Hidup sehat tentunya menjadi dambaan bagi semua orang. Namun tidak sedikit yang enggan melakukan hidup sehat ini k...

Tidak ada komentar: