Tiga Kendala Umum Penulis Pemula Untuk Menulis - LPM Sativa
Kamis, 21 November 2019

Tiga Kendala Umum Penulis Pemula Untuk Menulis

Pic : sewakantorcbd

Bagi sebagian penulis khususnya para pemula tentu akan mengalami kendala dalam membuat suatu karya baik artikel, cerpen dan lainnya. Meskipun banyak motivasi atau teori tentang menulis, namun masih saja membuat penulis kebingungan untuk menulis terutama tulisan apa yang akan dibuatnya. Walhasil banyak kendala dan kemacetan dalam menuangkan gagasan.

Jika kita menyadari bahwa setiap melakukan sesuatu pasti tak lepas dari kendala, maka tentu seorang penulis akan berusaha mencari  jalan untuk menghindari kendala tersebut. Dengan dilandasi kesabaran dan ketekunan insya allah penulis pemula tak akan mundur dalam membuat sebuah karya.

Dibawah ini, akan dibahas tiga poin yang sekiranya menjadi kendala dalam menulis bagi penulis pemula, walaupun banyak di berbagai artikel kendala-kendala dalam menulis namun inilah yang paling kerap terjadi, Yaitu:

Pertama, rasa malas mencari sumber refrensi. Bagi sebagian orang mencari refrensi maupun berselancar di media maya adalah suatu hal yang memberatkan kadang juga menyebalkan jika rasa nyaman dengan kegiatan yang lain seperti balas chattingan, dengar music atau main game yang membuat rasa malas bertambah atau bahkan hal-hal lain yang mebuat diri kita MAGER (Malas Gerak). Namun minat dan kebiasaan membaca perlu ditumbuhkan hingga membaca benar-benar membuat candu bagi seorang penulis. Karena biar bagaimanapun membaca adalah sumber ilmu dan inspirasi bagi penulis untuk mengembangkan gagasannya.

Kedua, kurang latihan. Kurangnya latihan dalam menulis akan berakibat dua hal yaitu, 1. Ketidak mampuan mengembangkan masalah. Padahal ide tulisan sudah numpuk dalam pikiran namun hal tersebut membuat kemacetan dalam menulis. 2. Kaku dalam menyusun kalimat yang menyebabkan artikel ambigu dan tidak enak dibaca.

Ketiga, takut salah. rasa seperti ini kerap menghampiri seorang penulis juga diikuti dengan takut dikritik. Apabila perasaan takut salah dan takut dikritik masih hinggap dalam diri penulis pemula, maka jangan harap untuk bisa berkembang dan mencapai keberhasilan. Jika kita fikir-fikir padahal dengan melihat atau menemui kesalahan dan banyaknya kritikan akan membuat kita semakin berhasil dalam menulis.

Jadi, itulah tiga kendala dalam menulis  yang kerap terjadi pada diri seorang pemula semoga hal tersebut tidak selalu hinggap di diri kita sebagai pemula. Namun jangan takut untuk menulis jadikannlah kendala tersebut sebagai proses kita belajar. karena dengan menulis kami bisa berbagi pada publik, juga sebagai media belajar, dengan menulis kita juga menjadi bagian dari sejarah dan masih banyak manfaat lainnya. Meskipun kendala-kendala diatas kerap terjadi juga di diri saya sebagai pemula namun Satu kalimat yang memacu saya untuk menulis adalah “mulailah dengan menulis hal-hal yang kau ketahui. Tulislah pengalaman dan perasaanmu sendiri, (J.K. Rowling)”. (bayu)
Tiga Kendala Umum Penulis Pemula Untuk Menulis Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/21/2019 Rating: 5 Pic : sewakantorcbd Bagi sebagian penulis khususnya para pemula tentu akan mengalami kendala dalam membuat suatu karya baik artikel, ce...

Tidak ada komentar: