Maksimalkan Potensi Desa: Tim KKN UNRAM Dusun Pejeruk Lombok Tengah Adakan Kegiatan Ini - LPM Sativa
Kamis, 20 Juli 2023

Maksimalkan Potensi Desa: Tim KKN UNRAM Dusun Pejeruk Lombok Tengah Adakan Kegiatan Ini


Pictured by Tim KKN Desa Pejeruk

LPM Sativa - Kegiatan Kerja Kuliah Nyata hadir untuk membantu memberdayakan masyarakat melalui potensi-potensi yang ada di wilayah mereka sendiri. Salah satunya adalah Tim KKN Unram Dusun Pejeruk Desa Gapura Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Melalui kegiatan KKN ini, para mahasiswa membantu masyarakat untuk memaksimalkan potensi desa, khususnya di bidang pertanian.

Terdapat tiga program kerja utama yang menjadi fokus pemberdayaan Tim KKN Unram Dusun Pejeruk. Diantaranya adalah pembuatan hidroponik menggunakan sistem wick, pembuatan apotek hidup serta pembuatan pupuk kompos. Dengan program kerja tambahan berupa pembuatan produk makanan, sosialisasi sadar hukum, pelatihan olah data menggunakan Excel dan bimbingan belajar.

Sejauh ini, telah dilaksanakan beberapa kegiatan untuk program kerja utama. Tepatnya pada Selasa, 11 juli telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati dengan memanfaatkan kunyit, lengkuas serta daun mimba sebagai bahan utamanya. 


Pictured by Tim KKN Desa Pejeruk

Sementara pada Rabu, 12 Juli telah dilaksanakan pula Pelatihan Pembuatan PGPR yang menggunakan terasi, kepala ikan, akar bambu, akar alang-alang, akar putri malu, air kelapa, dedak, dan kapur sirih sebagai bahan pembuatannya. 

Selain itu, terdapat pula kegiatan pelatihan pembuatan trichoderma dengan menggunakan beras yang sudah direbus setengah matang. Trichoderma ini nantinya akan digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk kompos. 

Program Kerja dari Tim KKN Unram Dusun Pejeruk ini diadakan dengan melihat potensi yang ada di Desa Gapura. Sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dan banyak pula yang bekerja di sektor peternakan. Hal tersebut secara otomatis membuat sektor peternakan disana banyak menghasilkan kotoran hasil ternak. Kotoran ternak ini dapat menjadi limbah apabila tidak diolah dengan baik, oleh sebab itu Tim KKN Unram Dusun Pejeruk mencoba untuk memanfaatkan hal tersebut menjadi pupuk kompos agar bisa memberikan manfaat bagi para petani yang ada di sana.

Kegiatan ini secara aktif mengajak langsung seluruh masyarakat di Dusun Pejeruk. Antusiasme masyarakat pun sangat tinggi dalam menyambut Tim KKN Unram dan selama mengikuti kegiatan-kegiatan yang berlangsung. Tim KKN Unram Dusun Pejeruk juga berkolaborasi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang memang memiliki peran penting seperti Kepala Dusun, Ketua RT, Karang Taruna dan Forum Pemuda yang ada di dusun untuk penyebaran informasinya kegiatannya. 

Mengusung tema "Pertanian Maju dan Berkelanjutan", salah satu anggota Tim KKN Unram Dusun Pejeruk menyampaikan harapannya selepas dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan.

"Harapan kami ya masyarakat disini dapat menerapkan sistem pertanian yang maju dan berkelanjutan, beralih dari pertanian konvensional ke modern, serta komoditas pertanian yang dikembangkan lebih beragam lagi, tidak hanya padi dan tembakau saja," ungkapnya. (Nhelin, Tim KKN)

Maksimalkan Potensi Desa: Tim KKN UNRAM Dusun Pejeruk Lombok Tengah Adakan Kegiatan Ini Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/20/2023 Rating: 5 Pictured by Tim KKN Desa Pejeruk LPM Sativa - Kegiatan Kerja Kuliah Nyata hadir untuk membantu memberdayakan masyarakat melalui potensi-pote...

Tidak ada komentar: