Cegah Stunting, Tim KKN Unram Desa Barabali Gelar Sosialisasi Pola Hidup Bersih serta Gizi Seimbang - LPM Sativa
Senin, 10 Juli 2023

Cegah Stunting, Tim KKN Unram Desa Barabali Gelar Sosialisasi Pola Hidup Bersih serta Gizi Seimbang

Pictured by: Muhammad Septian Dwi Putra

LPM SATIVA-Program Kerja Kuliah Nyata atau KKN hadir dengan tujuan memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga untuk merencanakan serta melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Pun dengan kelompok KKN Universitas Mataram 2022/2023 yang menjalankan KKN disalah satu Desa di Lombok Tengah, yaitu Desa Barabali Kecamatan Batukliang. 

Mahasiswa KKN Unram Desa Barabali telah mengadakan sosialisasi Pola Hidup Bersih Dan Sehat Serta Gizi Seimbang (stunting dan kebersihan). Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Desa Barabali pada tanggal 4 Juli 2023 dengan materi kesehatan reproduksi remaja yang menyangkut stunting dan akibat-akibat yang menimbulkan terjadinya stunting serta pola hidup bersih dan sehat serta gizi seimbang yang disampaikan oleh pemateri Ana Octarina selaku Duta Genre Putri NTB 2022.

Pictured by: Muhammad Septian Dwi Putra

Acara sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja utama dari Tim KKN Unram Desa Barabali. Kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat dan remaja yang ada di desa tersebut. Sosialisasi tersebut bertujuan agar masyarakat atau remaja/remaji bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta gizi seimbang, dan sadar penyebab stunting, dan cara pencegahannya.

Tim KKN ini menyampaikan bahwa upaya pembangunan di Desa Barabali terbilang sudah cukup baik. Melihat dari potensi kelompok pemuda di desa ini yang semakin berkembang dengan tersedianya kelompok karang taruna yang terkoordinasi dengan baik mampu memberikan dampak positif dalam memajukan Desa Barabali. Selain itu, di desa tersebut juga terdapat Ibu-Ibu PKK yang aktif, sehingga sinergi antara pemuda dan perempuan dalam upaya pembangunan desa semakin kuat dan berkelanjutan. 

Pictured by: Muhammad Septian Dwi Putra

Selain itu, komoditas unggulan di desa ini adalah padi dan cabai yang menjadi tulang punggung perekonomian lokal. Menariknya, meskipun tidak banyak, beberapa warga dengan antusiasme tinggi, aktif menanam daun kelor di sekitar rumah mereka. Dengan alasan tanaman kelor ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan memberikan manfaat kesehatan yang melimpah bagi mereka. Kebiasaan masyarakat desa yang gemar menanam pohon kelor ini menjadi inisiatif bagi mahasiswa KKN Desa Barabali untuk mengembangkan kebiasaan tersebut menjadi sebuah usaha dengan memberikan ilmu pengolahan teh berbahan dasar daun kelor kepada  masyarakat Barabali.

Adapun masalah lain yang ditemukan di Desa Barabali, seperti pernikahan dini, pengangguran, dan masalah stunting. Balita yang mengalami/menderita Stunting di desa Barabali menurut data dari desa, dan data dari BKKBN dengan jumlah lebih dari 200 orang, menunjukkan adanya tantangan dalam aspek sosial dan kesehatan di desa tersebut. Hal tersebut yang mendorong kelompok KKN Unram Desa Barabali untuk memberikan tindakan bantuan dengan cara memberikan langsung ilmu pengetahuan terkait permasalahan tersebut.  

Dengan program kerja pendukung yaitu Ranggers Barabali Mengajar, pemanfaatan karung bekas untuk pembuangan sampah, penghijauan dengan melakukan penanaman bibit, senam pagi di kantor desa, yasinan bersama masyarakat desa, serta ikut membantu masyarakat bergotong-royong.

"Semoga menjadi desa yang memiliki angka stunting paling rendah, perekonomian masyarakat semangat baik, semakin banyak lowongan pekerjaan, dan bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat," harap Shaufil selaku Ketua KKN Unram Desa Barabali. (Nhelin, Helmi)

Pictured by: Muhammad Septian Dwi Putra


Cegah Stunting, Tim KKN Unram Desa Barabali Gelar Sosialisasi Pola Hidup Bersih serta Gizi Seimbang Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/10/2023 Rating: 5 Pictured by: Muhammad Septian Dwi Putra LPM SATIVA-Program Kerja Kuliah Nyata atau KKN hadir dengan tujuan memperoleh bantuan pemikiran dan ...

Tidak ada komentar: