Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram 2023 Melakukan Kegiatan Sosialisasi Terkait Stunting di Desa Segara Katon - LPM Sativa
Sabtu, 29 Juli 2023

Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram 2023 Melakukan Kegiatan Sosialisasi Terkait Stunting di Desa Segara Katon

LPM SATIVA-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram 2022/2023 di Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara menggelar kegiatan sosialisasi dan penyuluhan terkait Stunting pada Selasa, (25/07) yang bertempat di aula Kantor Desa Segara Katon dengan mengundang narasumber ahli gizi dari Puskesmas Gangga, yaitu Ibu Egha Windasari, S.Tr.Gz. yang dihadiri oleh Kepala Desa, Pelaksana Kewilayahan, Kader Posyandu, dan Ibu hamil.

Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran publik dan pengetahuan peserta mengenai Stunting serta penyebab gejalanya. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat lebih memperhatikan pola serta perilaku gaya hidup sehat, agar nantinya dapat mencegah atau mengurangi angka stunting yang ada di Desa Segara Katon.

Stunting sendiri sebenarnya merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak. Pemberhentian pertumbuhan yang terjadi meliputi pada pertumbuhan tubuh dan otak. Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak yang seusia dengannya. Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir, sehingga kecerdasannya terganggu. Ketika dewasa nanti, anak yang mengalami stunting akan rentan terserang penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Faktor penyebab stunting pada anak cukup beragam, mulai dari asupan nutrisi yang tidak terpenuhi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan, anemia saat masa kehamilan, tidak mendapatkan ASI eksklusif, sanitasi buruk, hingga faktor genetik dari orang tua.

Pada sesi diskusi, Ibu Egha Windasari, S.Tr.Gz. mengatakan, "Stunting sebenarnya masih dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak."

Salah satu langkah penting yang dimaksud yaitu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi pada ibu hamil. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN-PMD Unram di Desa Segara Katon membagikan bingkisan berupa makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil seperti makanan dengan protein dan kandungan vitamin yang tinggi, bingkisannya khusus diperuntukan pada ibu hamil yang usia kandungannya 1-3 bulan.

Melalui kegiatan sosialisasi terkait dengan pencegahan stunting yang ditujukan kepada ibu hamil diharapkan para ibu hamil yang ada di Desa Segara Katon dapat menerapkan wawasan yang diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi demi tumbuh kembang bayinya sehingga bayi terlindungi dari stunting. (Zaenati Mariska/KKN)






Redaktur: Rn


Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram 2023 Melakukan Kegiatan Sosialisasi Terkait Stunting di Desa Segara Katon Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/29/2023 Rating: 5 LPM SATIVA-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram 2022/2023 di Desa Segara Katon, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara m...

Tidak ada komentar: