Lewat Pengabdian Masyarakat, HIMASEPTA Tingkatkan Kepedulian Lingkungan di Gelangsar - LPM Sativa
Selasa, 27 Juni 2023

Lewat Pengabdian Masyarakat, HIMASEPTA Tingkatkan Kepedulian Lingkungan di Gelangsar

 

Pictured by Safri

LPM SATIVA - Senin (19/6/23) sampai Selasa (20/6/23) Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram menjalankan program pengabdian kepada masyarakat atau lebih di kenal dengan sebutan Sapa Desa With HIMASEPTA yang diikuti masyarakat, anak-anak, pemuda pemudi desa sekitar serta penggurus HIMASEPTA. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di Desa Gelangsar Gunung Sari, Lombok Barat. Dengan mengangkat tema "One Step Closer Environmental Sustainability."

Sapa Desa With HIMASEPTA merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan pengabdian ini mengangkat konsep zero waste, yang terfokus pada pengelolaan lingkungan. Pada hari pertama diadakan pemberdayaan masyarakat dengan edukasi workshop mengenal lingkungan, pengelolaan sampah hingga dampak lingkungan terhadap kesehatan yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi. 

Pictured by Safri

Pada hari kedua diadakan pembersihan sungai dan edukasi kreatif bersama masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat dan meningkatkan kepedulian lingkungan sekitar, sebab dampak lingkungan yang tidak terawat sangat kompleks bagi masyarakat, mulai dari kesehatan hingga dapat mempengaruhi hasil alam yang menurun.

Pictured by Safri

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari kepala desa hingga masyarakat setempat. "Saya senang sekali atas kedatangan mahasiswa, dengan adanya mahasiswa dapat menjembatani masyarakat dengan ilmu, setidaknya mereka dapat saling belajar. Banyak anak-anak pintar dan baik diluar sana, tapi tidak semuanya mau terjun, mengabdi kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan pengabdian disini, saya harap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat agar terus menjaga lingkungan dan adik-adik dapat terus berkolabolari dan berkarya dengan kreatiftasnya," ujar Abdul Rahman, S.Pdi selaku kepala desa Gelangsar. 

Pictured by Safri

Pun dengan antusiasme masyarakat serta pemuda pemudi setempat yang turut ikut serta dalam kegiatan ini. Selain untuk membangun lingkungan yang baik, kegiatan ini juga sekaligus menjadi salah satu bentuk mengeratkan hubungan komunikasi dan silaturahim antar masyarakat dengan para mahasiswa.

"Dengan diadakan kegiatan ini besar harapan saya agar kita sebagai pemuda lebih peka terhadap lingkungan sekitar membagikan ilmu yang kita dapatkan bahkan turun langsung untuk mengabdi pada masyarakat, agar dapat mewujudkan budaya lingkungan sehat dan hidup yang lebih berkualitas," ucap Salman selaku Koordinator Pengabdian Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram. (Nhelin)

Pictured by Safri


Lewat Pengabdian Masyarakat, HIMASEPTA Tingkatkan Kepedulian Lingkungan di Gelangsar Reviewed by Team LPM SATIVA on 6/27/2023 Rating: 5   Pictured by Safri LPM SATIVA - Senin (19/6/23) sampai Selasa (20/6/23) Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram men...

Tidak ada komentar: