Transplantasi Karang dan Kebersamaan dalam Pelestarian Ekosistem Pantai Elak Elak, Sekotong Lombok Barat: Upaya Kolaborasi Himakel, BPSPL, SOURCE, dan MSDC Unram - LPM Sativa
Senin, 19 Juni 2023

Transplantasi Karang dan Kebersamaan dalam Pelestarian Ekosistem Pantai Elak Elak, Sekotong Lombok Barat: Upaya Kolaborasi Himakel, BPSPL, SOURCE, dan MSDC Unram

Kegiatan transplantasi terumbu karang.
Pictured by rajaaditya3312

LPM SATIVA-Dalam upaya melestarikan dan memulihkan ekosistem laut, Himakel (Himpunan Mahasiswa Kelautan) Unram menyelenggarakan program di bawah naungan Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM). Bekerjasama dengan BPSPL DENPASAR WILKER NTB, SOURCE, dan MSDC Unram, Himakel menginisiasi Program Transplantasi Karang di kawasan pantai Elak-Elak Sekotong, Lombok Barat yang berlangsung secara berkala setiap satu pekan sekali sejak Kamis, (1/6) hingga bulan Agustus mendatang. 

Foto bersama.
Pictured by Himakel

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, khususnya pada jenis karang, menjadikannya salah satu negara dengan keanekaragaman karang tertinggi di dunia. Dengan agenda ini, Ketua Umum Himakel mengatakan bahwa tujuannya tidak hanya untuk melakukan transplantasi tetapi juga untuk mendorong masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif dalam melestarikan potensi wilayah pesisir mereka.

Kegiatan penyelaman.
Pictured by rajaaditya3312

Beberapa penyelam dari Himakel, BPSPL, SOURCE, dan MSDC Unram dikerahkan untuk melakukan transplantasi tersebut. Selain itu, pemantauan rutin dilakukan oleh BPSPL yang melibatkan dua sesi penyelaman per minggu untuk memastikan kesehatan terumbu karang. Ketua Himakel juga menyampaikan bahwa masyarakat setempat telah menunjukkan dukungan yang luar biasa untuk inisiatif ini.

Kegiatan coaster clean up.
Pictured by Himakel

Sebelum mengakhiri kegiatan, dilakukan pembersihan pantai bersama dengan partisipasi dari organisasi masyarakat setempat, Pokmaswas, untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pantai, memastikannya tetap menjadi tujuan populer bagi penduduk lokal dan pengunjung mancanegara.

"Kegiatan ini adalah langkah awal dari kami untuk memulai melestarikan dan upaya menjaga ekosistem, serta cara kami untuk mengedukasi masyarakat setempat akan pentingnya menjaga ekosistem karang," Kata Aimar, Ketua Umum Himakel. "Harapan saya setelah dari kegiatan ini bisa berdampak dan dapat diteruskan oleh masyarakat setempat. Sebab dengan menumbuhkan karang berarti kita menciptakan habitat bagi biota laut." (Rn)

Transplantasi Karang dan Kebersamaan dalam Pelestarian Ekosistem Pantai Elak Elak, Sekotong Lombok Barat: Upaya Kolaborasi Himakel, BPSPL, SOURCE, dan MSDC Unram Reviewed by Team LPM SATIVA on 6/19/2023 Rating: 5 Kegiatan transplantasi terumbu karang. Pictured by rajaaditya3312 LPM SATIVA-Dalam upaya melestarikan dan memulihkan ekosistem laut, Himakel...

Tidak ada komentar: