Save Edelweis - LPM Sativa
Rabu, 04 Desember 2019

Save Edelweis


Anaphalis Javanica adalah nama latin dari satu bunga yang sangat istimewa. Mungkin para pembaca lebih kenal dengan nama rimbanya Edelweis atau banyak yang menyebutnya juga dengan bunga abadi. Bunga ini mengandung hormone etilen yang berfungsi  agar bunga atau mahkota bunga tidak layu dan gugur dengan kata lain (abadi), selain itu bunga edelweiss ini juga tergolong bunga yang sangat cantik ketika bermekaran dengan aroma yang khas tidak menutup kemungkinan apabila kita menciumnya akan terasa sejukkk dihati.

Untuk melihat dan menyaksikan bunga ini dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar, karena bunga ini hanya tumbuh di ketinggian 1000 meter dari permukaan laut (habitat asli hanya terdapat di dataran pegunungan) dan bisa jadi ini yang membuatnya sangat istimewa dari kebanyakan bunga-bunga yang lainnya.

Dibalik keindahan yang dimiliki bunga edelweiss ternyata tersimpan sebuah mitos yang beredar di tengah-tengah masyarakat Indonesia, banyak yang percaya bahwa bunga edelweiss ini merupakan lambang ‘cinta abadi’. Sehingga tidak sedikit dari para pendaki yang memetik bunga ini untuk dijadikan oleh-oleh kepada pasangannya dengan harapan cinta mereka akan abadi seperti bunga keabadian ini.

Fenomena ini membuat bunga edelweiss terancam akan kepunahan, sehingga dibuat larangan bagi para pendaki gunung untuk tidak memetik bunga ini dan apabila terlihat memetik dan atau membawa turun, maka menurut UU No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan barang siapa yang mengubah maupun membawa sesuatu dari suatu Taman Nasional akan terancam dipidana dengan kurungan penjara minimal 5 tahun.

Bagi yang percaya bahwa bunga edelweiss ini membuat cinta terhadap pasangan akan abadi, maka akan lebih bijaksana lagi jika dibiarkan tumbuh dan abadi pada habitat aslinya, biarkanlah bunga ini tumbuh dan bermekaran pada habitatnya serta disanalah bunga ini merasa aman dan terlindungi. Intinya, kita tidak akan pernah mendapatkan cinta abadi dari sekuntum bunga. Yang abadi adalah kehendak dari sang pencipta. (bONd)

Take nothing but picture
(Jangan mengambil sesuatu kecuali gambar)
Leave nothing but footprint
(Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki)
Kill nothing but time
( Jangan membunuh sesuatu kecuali waktu)
Save Edelweis Reviewed by LPM Sativa 08 on 12/04/2019 Rating: 5 Anaphalis Javanica adalah nama latin dari satu bunga yang sangat istimewa. Mungkin para pembaca lebih kenal dengan nama rimbanya Edelweis...

Tidak ada komentar: