Meningkatkan Kesadaran Millenial Melalui Pagelaran Seni Budaya - LPM Sativa
Rabu, 04 Desember 2019

Meningkatkan Kesadaran Millenial Melalui Pagelaran Seni Budaya

LPM Sativa, Mataram - Dalam melestarikan budaya dan memperkenalkan sejarah pada masa sekarang, IMKOBI (Ikatan Mahasiswa Kota Bima) Mataram menyelanggarakan acara Pagelaran Seni Budaya Mbojo (PSDM) dengan tema Meningkakan Kesadaran Generasi dalam Bingkai Budaya, yang bertempat di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Acara ini dimulai pada tanggal 23 November – 1 Desember 2019, dibuka dari jam 19.00 – 12.00.

Tujuan dari diadakan acara ini, sesuai dengan kondisi yang terjadi pada masa sekarang yaitu, agar budaya mbojo tidak dilupakan. Yang dikarenakan budaya mbojo sekarang hampir terkikis oleh budaya asing. Kegiatan PSDM ini diselenggarakan setiap tahun, dengan tujuan generasi millenial tidak akan pernah lupa dengan budayanya.

Dalam kegiatan ini, pihak panitia mengadakan beberapa mata lomba yang diikuti oleh masyarakat Bima dan Dompu. Yang memiliki bakat dan kemampuan dalam hal yang berkaitan dengan budaya mbojo. Adapaun mata lomba yang dilombakan seperti lomba Kapatu, Tari, Akustik, Drama dan Rimpu, lomba ini diikuti oleh 72 peserta. Yang terdiri dari 7 peserta Rimpu, 25 peserta Tari, 21 peserta Akustik, 7 peserta Drama dan 12 peserta Rimpu.

Tamu – tamu kehormatan seperti Bapak Mori Hanafi,SE.,M.Com selaku wakil ketua I DPR Provinsi dan Bapak H. Ridwansyah selaku sesepuh Dompu hadir pada saat malam penutupan. Dimeriahkan juga oleh para sampela Mbojo Dompu serta rukun keluarga Bima Lombok.

Adapun nama-nama pemenang yang diumumkan pada saat penutupan adalah Juara I dimenangkan oleh Sanggar Mbohi Dungga (Drama), IPMK (Tari), IMBD UIN Mataram (Kapatu) dan IPMS (Akustik), untuk juara II dimenangkan Angkasa 18 (Akustik), HMPM (Drama) dan terakhir juara III dimenangkan oleh Pesawat Kertas (Akustik), HMPM (Tari). Selain itu, IMBD UIN dinobatkan sebagai juara umum. Untuk penghargaannya para peserta yang memenangkan lomba tersebut diberikan hadiah berupa piala, uang tunai serta piagam.

Untuk mempersiapkan acara ini panitia membutuhkan waktu 2 bulan, baik dalam mempersiapkan panggung, konsep acara, perlengkapan panggung, dll.
“Alhamdulillah acara ini berjalan dengan baik tanpa ada kekurangan maupun kesulitan” ungkap Dava Billa selaku ketua panitia. 
Dan terakhir harapan dari ketua panitia sendiri untuk kedepannya semoga acara ini didukung oleh banyak sponsor dan lebih di support oleh tetua bima yang ada di kota mataram. (Atun)

Meningkatkan Kesadaran Millenial Melalui Pagelaran Seni Budaya Reviewed by LPM Sativa 08 on 12/04/2019 Rating: 5 LPM Sativa, Mataram - Dalam melestarikan budaya dan memperkenalkan sejarah pada masa sekarang, IMKOBI (Ikatan Mahasiswa Kota Bima) Mataram...

Tidak ada komentar: