KREATIF! KKN PMD UNRAM DESA PERINA 2023 SUKSES MENYULAP LIMBAH BAN MENJADI BAK SAMPAH - LPM Sativa
Selasa, 01 Agustus 2023

KREATIF! KKN PMD UNRAM DESA PERINA 2023 SUKSES MENYULAP LIMBAH BAN MENJADI BAK SAMPAH

LPM SATIVA-Kelompok KKN-PMD Desa Perina Universitas Mataram 2023, sukses melakukan program kerja Zero Waste. Program kerja ini menghasilkan bak sampah dari bahan limbah ban. Keberlangsungan Program ini didukung oleh Anggota Karang Taruna Bina Gapura Desa Perina, Relawan, serta Anggota Masyarakat Desa Perina, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.

Program ini disambut antusias oleh seluruh masyarakat desa Perina. Hasil program kerja zero waste ini didistribusikan ke Kantor Desa Perina dan ke setiap musholla  di masing-masing dusun di desa Perina, yaitu Dusun Perina Daya,  Perina Lauq, Perina Lendang Bonter, Bun Rejeng, dan Bun Base. Lokasi-lokasi pendistribusian tersebut merupakan hasil diskusi bersama Kepala Desa Perina.

Proses pembuatan bak sampah sudah dilaksanakan sejak 20 Juli 2023 hingga 30 Juli 2023, dan menghasilkan 20 bak sampah. Sedangkan proses pengumpulan limbah ban sudah di laksanakan jauh hari sebelum proses pembuatan. 

Program kerja KKN Zero Waste, melibatkan beberapa tahapan yaitu pengumpulan ban bekas, pemilahan serta pembersihan ban bekas, proses pengolahan menjadi bak sampah, hingga penyebaran bak sampah di masing-masing lokasi. 

Proses pengumpulan limbah ban difasilitasi oleh desa menggunakan kaisar milik desa, kegiatan ini melibatkan kerjasama para pemuda pemudi dan masyarakat Desa Perina. Limbah ban dikumpulkan dari dari beberapa bengkel di sekitaran desa setempat hingga ke kota Mataram. Kemudian, limbah ban yang sudah terkumpul di sortir dan di pilah berdasarkan ukuran dan kondisinya sebelum di proses lebih lanjut.

Melalui proses pengolahan khusus, limbah ban di ubah menjadi bak sampah yang kokoh dan tahan lama. Pengolahannya menggunakan teknik daur ulang yang ramah lingkungan.

Terakhir, bak sampah yang sudah terbentuk, di distribusikan kembali ke masyarakat, tempat-tempat umum seperti kantor desa dan seluruh musholla di masing-masing dusun yang ada di Desa Perina.

Tujuan diadakannya pembuatan bak sampah dari ban bekas tersebut adalah untuk mengurangi limbah ban bekas yang dapat mengakibatkan sarang nyamuk dan sumber penyakit di Desa Perina, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Tim KKN UNRAM DESA PERINA  2023 berharap dengan adanya bak sampah di setiap musola dapat menciptakan lingkungan lebih bersih dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih. (Tim KKN)







Redaktur: Rn


KREATIF! KKN PMD UNRAM DESA PERINA 2023 SUKSES MENYULAP LIMBAH BAN MENJADI BAK SAMPAH Reviewed by Team LPM SATIVA on 8/01/2023 Rating: 5 LPM SATIVA-Kelompok KKN-PMD Desa Perina Universitas Mataram 2023, sukses melakukan program kerja Zero Waste . Program kerja ini menghasilkan...

Tidak ada komentar: