Tingkatkan Nilai Tambah Produk, HIMASEPTA Gelar Workshop P2BL - LPM Sativa
Kamis, 24 Agustus 2023

Tingkatkan Nilai Tambah Produk, HIMASEPTA Gelar Workshop P2BL

 

LPM SATIVA - Pada Rabu, (16/8/23), Himpunan Mahasiswa Spesial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram mengadakan workshop P2BL dengan tema "Optimalisasi Proses Pengolahan dan Inovasi Hasil Pertanian Lokal Guna Meningkatkan Nilai Tambah Produk" dengan diikuti oleh 75 mahasiswa jurusan sosial ekonomi pertanian. Kegiatan ini berlangsung di Gedung C23 Fakultas Pertanian Universitas Mataram. 

P2BL merupakan Produk Pertanian Berbasis Lokal yang merupakan salah satu proker unggulan dari HIMASEPTA UNRAM yang di adakan setiap tahun dan dengan produk yang berbeda-beda, dimana tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menginovasikan produk-produk pertanian yang ada di pulau Lombok sehingga menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan mampu bersaing di pasaran.

Tahun ini HIMASEPTA UNRAM mengolah Limbah kulit kopi menjadi produk Teh dengan nama produk "Teatapi (Tea Tapi Kopi)". Kulit Kopi dipilih menjadi bahan baku karena komoditas kopi merupakan salah satu komoditas yang melimpah di Indonesia khususnya daerah Lombok, dan supaya kulit kopi juga memiliki nilai tambah yang lebih daripada sekedar menjadi limbah ataupun pupuk organik.

Sebagai Organisasi profesi yang berdasarkan keilmuan, tujuan tersendiri dari kegiatan P2BL ini adalah untuk menyadarkan anggota HIMASEPTA UNRAM akan melimpahnya Sumber Daya Alam hasil Pertanian dan banyaknya produk-produk lokal yang bisa dikembangkan. Adapun tujuan lain ialah HIMASEPTA UNRAM ikut berkontribusi dalam kurikulum OBE (Outcome Based Education) yang di jalankan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Faperta Unram. Dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome.

"Harapan ke depannya, semoga dengan adanya kegiatan P2BL ini, mahasiswa umum khususnya mahasiswa jurusan sosial ekonomi pertanian dapat terinspirasi untuk menciptakan atau menginovasikan sumber daya alam pertanian yang tersedia menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan nilai ekonomi yang lebih tinggi. Selain itu juga dengan kegiatan ini di harapkan dapat menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan dan memacu kreatifitas mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan sosial ekonomi pertanian," ucap Risman Adrian Hidayat selaku Ketua Umum HIMASEPTA.(Nhelin)

Tingkatkan Nilai Tambah Produk, HIMASEPTA Gelar Workshop P2BL Reviewed by Team LPM SATIVA on 8/24/2023 Rating: 5   LPM SATIVA - Pada Rabu, (16/8/23), Himpunan Mahasiswa Spesial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram mengadakan workshop P2BL dengan tema &...

Tidak ada komentar: