Menuju Sembalun Organik, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Lakukan Sosialisasi terkait Upaya Meningkatkan Keamanan Pangan Melalui Budidaya Hortikultura Yang Baik Untuk Mendukung Pariwisata Desa Sembalun Lawang - LPM Sativa
Selasa, 26 Juli 2022

Menuju Sembalun Organik, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Lakukan Sosialisasi terkait Upaya Meningkatkan Keamanan Pangan Melalui Budidaya Hortikultura Yang Baik Untuk Mendukung Pariwisata Desa Sembalun Lawang

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Mataram menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kemasyarakatan dengan mengusung tema “Upaya Meningkatkan Keamanan Pangan Melalui Budidaya Hortikultura Yang Baik Untuk Mendukung Pariwisata Desa Sembalun Lawang” sebagai bentuk kepedulian mahasiswa KKN-T UNRAM di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB, Sabtu (23/7).

Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Syukur Assyari yang dimulai pukul 09.00 WITA- 11.30 WITA ini mengundang beberapa pembicara, yakni dari Dinas Ketahanan Pangan, Ketua Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) NTB serta Dosen Fakultas Pertanian. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Sembalun Lawang, Staff Desa, Petani, Pemuda Karang Taruna, tim PKK, Siswa/i Madrasah Syukur Assyari, Pokdarwis, perwakilan dari KKN Universitas Gunung Rinjani dan KKN Universitas Nahdatul Ulama, serta Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram yang berjumlah 10 orang yang ketuai oleh Fathul Aziz.

Kegiatan ini dilatarbelakangi dengan melihat petani di sembalun yang menggunakan pestisida secara berlebihan. Selain membuat kualitas tanah menjadi menurun, penggunaan pestisida yang berlebihan juga akan mengakibatkan ketidakamanan bahan pangan yang dihasilkan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, semoga dapat mendorong serta memberikan gambaran pada masyarakat tentang pentingnya budidaya Hortikultura yang baik untuk meningkatkan keamanan pangan.

" Sembalun sebagai Desa Wisata harus benar benar dipastikan keamanan pangannya, karena banyak wisatawan baik itu dari luar atau dalam negeri yang datang melihat keindahan sembalun sebagai desa wisata. Wisatawan tentu tidak berani mengkonsumsi makanan yang dihasilkan oleh masyarakat sembalun jika tidak teruji keamanannya," ujar Prof. Sarjan (Dosen Pembimbing)

Ir. Hj. Nur Ilmiati, M. S (Dinas Ketahanan Pangan) juga mengungkapkan, "Sembalun sebagai penghasil bahan pangan terbesar di NTB harus benar-benar sadar, karena menjaga keamanan pangan menjadi berkualitas itu sangat penting untuk mendukung Sembalun sebagai daerah Agrowisata."

Pemateri memberikan pengetahuan serta gambaran tentang penggunaan pupuk organik dan melakukan perbandingan langsung ke lapangan terkait budidaya tanaman organik serta memberikan arahan ke masyarakat supaya bijak dalam penggunaan pestisida. Kegiatan ini tidak hanya sekedar penyampaian dari pemateri, tapi setelah semua pemateri menyampaikan materinya ruang diskusi dibuka supaya audiens dan pemateri dapat berinteraksi.
"Saya selaku perwakilan masyarakat Sembalun yang aktif di Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia wilayah NTB mengajak kita semua untuk berupaya mengurangi penggunaan pestisida agar dapat memulihkan kondisi tanah yang terlanjur rusak akibat pemakaian pestisida yang berlebihan," imbau Pak Mawilih (Perwakilan MAPORINA NTB).

H. M. Idris selaku Kepala Desa Sembalun Lawang juga mengatakan bahwa mereka sangat merasa terbantu oleh kegiatan adik-adik KKN dan berharap dengan kegiatan seperti ini dapat memberikan kesadaran terhadap masyarakat kami terkait dengan keamanan pangan tersebut.

"Dalam kegiatan ini juga kami berharap agar masyarakat Sembalun antusias jika ada kegiatan sosialisasi seperti ini, karena itu akan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat." Fathul Aziz (Ketua KKN)
Menuju Sembalun Organik, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Lakukan Sosialisasi terkait Upaya Meningkatkan Keamanan Pangan Melalui Budidaya Hortikultura Yang Baik Untuk Mendukung Pariwisata Desa Sembalun Lawang Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/26/2022 Rating: 5 Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Mataram menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kemasyarakatan dengan mengusung tema “...

Tidak ada komentar: