KKN UNRAM Desa Sembalun Lawang 2022: One Tree For Better Sembalun - LPM Sativa
Kamis, 21 Juli 2022

KKN UNRAM Desa Sembalun Lawang 2022: One Tree For Better Sembalun


Musim kemarau di NTB diperkirakan dimulai sejak bulan Maret sampai Agustus, khususnya di Desa Sembalun Lawang. Jika dilakukan penanaman pohon di musim ini, kemungkinan hidup akan sedikit. Selain itu, penebangan pohon di daerah pegunungan Sembalun Lawang juga banyak dilakukan oleh masyarakat, yang menyebabkan debit air berkurang. Oleh karena itu, kami, kelompok KKN Unram di Desa Sembalun Lawang yang berjumlah 10 mahasiswa yang diketuai oleh Fathul Aziz dan dibimbing oleh Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag. CP., Ph.D. ini, melakukan uji coba penanaman pohon bekerjasama dengan kawan-kawan Sekolah Alam Rinjani menggunakan media tanam serabut kelapa dan cocopeat. Fungsi cocopeat dan serabut kelapa ini adalah untuk menyimpan embun karena embun di desa Sembalun Lawang terjadi di pagi, siang, hingga malam hari.
Kegiatan reboisasi ini, kami laksanakan di dua tempat, yakni di Bukit Selong dan Savana Dandaun. Penanaman di bukit selong kami laksanakan pada Hari Senin, 11 Juli 2022 pukul 14.00-17.30 Wita. Sedangkan penanaman di Savana Dandaun, kami laksanakan hari Sabtu - Minggu, 16-17 Juli 2022. Jenis pohon yang kami tanam adalah alpukat, durian, dan nangka. Karena 3 pohon tersebut memiliki jenis mengikat, menahan, dan mengandung Air. Kegiatan ini pun dihadiri oleh Kepala Desa Sembalun Lawang, masyarakat, Sekolah Alam Rinjani, Komunitas Bajang Sembalun Kreatif, dan Mahasiswa KKN Universitas Gunung Rinjani.

"Kami dari Komunitas Bajang Sembalun Kreatif (KBSK) dan Sekolah Alam Rinjani (SAR) sangat berterimakasih kepada kawan kawan yang telah Memprogramkan kegiatan reboisasi ini. Mengingat debit air kami di Desa Sembalun Lawang sudah mulai berkurang. Semoga kebaikan kawan kawan yang telah ikut dalam kegiatan ini dibalas oleh Allah swt," tutur Amir Riis (Direktur SAR)

H. M. Idris, Kepala Desa Sembalun Lawang juga menyampaikan, "Terkait  dengan sering terjadinya bencana alam seperti longsor, banjir dan lain lain, memang perlu kita melakukan reboisasi ataupun penghijauan terutama di dekat mata air dan tanah-tanah miring. Alhamdulillah, dengan adanya program adik-adik KKN Unram cukup membantu kami dalam kegiatan Penghijauan tersebut. Harapan saya selaku kepala desa Sembalun Lawang kepada seluruh masyarakat, pohon yang sudah ditanan supaya dirawat dengan rutin."

Harapan kami, semoga kegiatan kegiatan konservasi di daerah Sembalun lawang terus berlanjut, karena akan sangat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Sembalun secara umum dan Masyarakat Sembalun Lawang secara khususnya. (Aziz)

KKN UNRAM Desa Sembalun Lawang 2022: One Tree For Better Sembalun Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/21/2022 Rating: 5 Musim kemarau di NTB diperkirakan dimulai sejak bulan Maret sampai Agustus, khususnya di Desa Sembalun Lawang. Jika dilakukan penanaman poho...

Tidak ada komentar: