LPM Sativa Sukses Gelar Latihan Jurnalistik Dasar XVI - LPM Sativa
Minggu, 13 November 2022

LPM Sativa Sukses Gelar Latihan Jurnalistik Dasar XVI

Pengarahan Peserta dalam melakukan liputan di Dusun Sedau Desa, Narmada, Lombok Barat, Sabtu (12/11).

LPM  SATIVA - Gelaran Latihan Jurnalistik Dasar (Lajurda) XVI sekaligus sebagai ajang perekrutan anggota baru oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sativa yang berlangsung secara indoor di Sekretariat Bersama Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Sabtu (5/11) dan selama 2 hari outdoor (12-13/11) di Sedau Desa, Narmada, Lombok Barat telah sukses dilaksanakan.

Kegiatan yang bertemakan “Membangkitkan Jiwa Jurnalis Muda dan Mewujudkan Kinerja Wartawan yang Independen" ini diisi oleh sejumlah pemateri, diantaranya yaitu jurnalis profesional Fahrul Mustofa (Kepala Biro Pos Bali NTB/Pemred Berita Lombok.net) dan Ahmad Viqi (Koresponden Detik.com di Mataram). Selain itu, Clarita Wihelmina Sulastri (Pemimpin Redaksi LPM Sativa 2021) dan Andy Bayu (Pemimpin Umum LPM Sativa 2019) juga turut mengisi materi di acara indoor tersebut.

Materi-materi yang disampaikan berupa sejarah LPM Sativa, fotografi, dasar-dasar jurnalistik (teknik Kepenulisan dan teknik wawancara) serta jenis-jenis berita, termasuk memahami Kode etik Jurnalistik, dan Undang-Undang Pers. Dari pengetahuan yang mereka dapatkan tersebut, harus diterapkan ketika kegiatan outdoor, yaitu pelepasan ke masyarakat untuk melakukan liputan dan menyusun berita.

Dari 13 pendaftar Lajurda XVI, 6 diantaranya resmi lolos menjadi anggota muda dan sisanya dinyatakan gugur. Hal ini karena sistem seleksi berdasarkan keikutsertaan calon anggota dalam kegiatan outdoor dan beberapa hal tertentu.

"Saya harap, temen-temen anggota muda bisa terus aktif dalam setiap agenda atau kegiatan yang dilaksanakan oleh kita sebagai keluarga besar LPM SATIVA. Besar harapan saya untuk tidak ada terjadinya seleksi alam dari 6 pemuda yang siap mengguncang pertanian Unram ini," ujar Helmiatun Isnanda, selaku ketua panitia Lajurda XVI saat upacara pengukuhan (outdoor), Minggu (13/11).

Pemimpin Umum LPM Sativa, Daeng Bayu Kelana juga menyampaikan harapannya agar anggota muda yang telah diresmikan dapat menjadi wartawan kampus yang siap terjun lapangan serta memberikan kontribusi nyata dan membawa LPM Sativa ke arah yang lebih baik kedepannya.




LPM Sativa Sukses Gelar Latihan Jurnalistik Dasar XVI Reviewed by Team LPM SATIVA on 11/13/2022 Rating: 5 Pengarahan Peserta dalam melakukan liputan di Dusun Sedau Desa, Narmada, Lombok Barat, Sabtu (12/11). L PM  SATIVA - Gelaran Latihan Jurnali...

Tidak ada komentar: