PENTINGKAH ADANYA IKM? - LPM Sativa
Senin, 20 Mei 2019

PENTINGKAH ADANYA IKM?

Doc. LPM Sativa 
Ilustrasi tentang Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM)
         LPM-Sativa, Mataram (20/05/2019). Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) merupakan landasan atau Undang-undang (UU) yang dijadikan patokan dalam pengambilan suatu keputusan baik dalam hal budgeting, anggaran maupun sistematika organisasi. Hadirnya IKM ini memiliki dampak positif terhadap kemajuan dan perkembangan suatu organisasi. Sebab sistematika organisasi, anggaran maupun budgeting, serta pengambilan keputusan yang jelas dan lebih mudah. Dengan demikian, hal ini dapat memicu suatu organisasi untuk dapat meningkatkan daya saingnya dengan organisasi yang lain.
        Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) sudah ada di UNRAM, namun hanya di beberapa fakultas seperti fakultas MIPA, Ekonomi dan Kedokteran. Hal ini dikarenakan sistem yang ada di UNRAM belum ada yang mengatur tentang sanksi yang akan diberikan apabila terjadi suatu pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang oleh pihak eksekutif maupun legislatif. Sehingga dengan adanya IKM sangat dikatakan perlu mengingat banyaknya benefit yang diperoleh oleh organisasi-organisasi kampus.
       Karena organisasi sering berpatokan dengan SK yang telah ditetapkan, sedangkan proses pembuatan SK itu sendiri tidak pernah mengikutsertakan mahasiswa dalam berdiskusi atas pembuatan SK itu sendiri. Jadi secara tidak langsung SK tersebut hanya akan menguntungkan pihak birokrasi saja bukan pihak ormawa. “IKM ini untuk kita semua, untuk kemajuan organisasi kita semua yang ada di Universitas Mataram dan setiap individu terdidik jiwa kepemimpinannya” ujar ketua DPM Faperta UNRAM.
      IKM ini dicetuskan pada akhir MEI oleh aliansi lembaga legislatif se-UNRAM dan direalisasikannya masih dalam jangka waktu yang panjang karena IKM ini sendiri masih dalam tahap pengkajian. IKM ini diterapkan di lingkup Universitas kemudian akan disosialisasikan ke Fakultas-Fakultas melalui lembaga eksekutif lalu diserap oleh legislatif atau DPM untuk dibuat peraturan-peraturan yang diterapkan untuk dieksekusi di tingkat fakultas. “Persiapannya sudah berjalan lancar walaupun ada beberapa hal yang belum maksimal karena terkendala oleh kesibukan dari semua pimpinan DPM, akan tetapi secara keseluruhan berjalan dengan lancar”, ujarnya.
        IKM ini akan dilaksanakan tahun ini dimana nantinya akan ada sidang eksekusi IKM yang melibatkan semua pimpinan ormawa yang ada di Universitas maupun Fakultas dalam pembuatan  IKM. (Mira)
PENTINGKAH ADANYA IKM? Reviewed by Redaksi V 091 on 5/20/2019 Rating: 5 Doc. LPM Sativa  Ilustrasi tentang Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM)          LPM-Sativa, Mataram (20/05/2019) . Ikatan Keluarga Mah...

Tidak ada komentar: