Kolaborasi KKN Desa Santong Bersama POKDARWIS Dalam Pembuatan Plang Mitigasi Bencana dan Pembaharuan Kawasan Wisata - LPM Sativa
Sabtu, 28 Januari 2023

Kolaborasi KKN Desa Santong Bersama POKDARWIS Dalam Pembuatan Plang Mitigasi Bencana dan Pembaharuan Kawasan Wisata

 

Gambar : Dokumentasi Tim KKN

Kelompok mahasiswa Universitas Mataram yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertempat di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara berkolaborasi dengan POKDARWIS Desa Santong membuat plang penunjuk mitigasi bencana. Hal ini dilakukan guna menghidupkan kembali potensi destinasi wisata alam yang ada di Desa Santong khususnya wisata air terjun. Desa santong atau juga sering di sebut dengan kingdom of waterfall memiliki beberapa titik potensi wisata air terjun, diantaranya Air Terjun Tiu Teja dan Air Terjun Tiu Prabu.

Kekayaan ragam wisata alam pada Desa Santong menjadikan desa ini terkenal di kalangan masyarakat lombok bahkan wisatawan mancanegara. Akan tetapi beberapa tahun belakangan terhitung sejak tahun 2018 wisata alam yang ada di Desa Santong seolah olah mati suri akibat gempa yang mengguncang pulau Lombok pada tahun 2018 silam. Kejadian tersebut mengakibatkan beberapa fasilitas serta akses jalan menuju air terjun tersebut rusak parah, namun pada tahun ini jalan serta fasilitas wisata alam yang ada di desa santong perlahan mulai dibangun kembali.

Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN


Salah satu upaya revitalisasi dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN) Universitas Mataram tahun 2022/2023. Di samping pembuatan papan petunjuk arah mitigasi bencana dilakukan pula pembaharuan gapura yang merupakan gerbang utama menuju destinasi wisata alam Desa Santong. Hal ini tidak lain bertujuan untuk membangun kembali wisata alam yang ada di Desa Santong. Dengan demikian, diharapkan hal ini akan berdampak bagi masyarakat sekitar dikarenakan selain dapat mendukung potensi wisata dari kekayaan alam Desa Santong, hal ini juga selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat setempat (Tim KKN, Clarita).

Kolaborasi KKN Desa Santong Bersama POKDARWIS Dalam Pembuatan Plang Mitigasi Bencana dan Pembaharuan Kawasan Wisata Reviewed by Team LPM SATIVA on 1/28/2023 Rating: 5   Gambar : Dokumentasi Tim KKN Kelompok mahasiswa Universitas Mataram yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertempat di Desa Santong, ...

Tidak ada komentar: