Atasi Masalah Warga di Sektor Pertanian, Mahasiswa KKN T UNRAM di Desa Santong Mulia Tawarkan Solusi Pestisida Berbahan Dasar Daun Pepaya - LPM Sativa
Selasa, 17 Januari 2023

Atasi Masalah Warga di Sektor Pertanian, Mahasiswa KKN T UNRAM di Desa Santong Mulia Tawarkan Solusi Pestisida Berbahan Dasar Daun Pepaya

 

Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN

Kelompok mahasiswa Universitas Mataram yang sedang menjalankan kegiatan KKN di Desa Santong Mulia meluncurkan ide kreatif pengolahan bahan-bahan yang ada di pekarangan warga sebagai pestisida nabati. Ide kreatif ini merupakan salah satu program yang diluncurkan sebagai bentuk pengembangan dari inovasi yang sudah ada untuk meningkatkan soft dan hard skill warga di bidang pertanian. 

"Pada dasarnya, ide ini muncul dari masalah yang dialami oleh warga terkait hama yang mengganggu pertumbuhan tanaman dan proses pembibitan, oleh karena itu kami menginisiasikan inovasi ini agar masalah hama pada tanaman bisa teratasi dengan pemanfaatan bahan-bahan yang ada di sekitaran rumah warga" Kata Faruq, wakil ketua KKN Tematik UNRAM di Desa Santong Mulia (14/01/2023)

Berdasarkan penilaian Kelompok KKN, salah satu permasalahan warga adalah kurangnya perhatian terhadap masalah tanaman yang dipengaruhi oleh hama. Hal ini tentunya berpengaruh pada kualitas panen warga. Disambut baik oleh pemerintahan setempat, Bapak Iswandi Kepala Dusun Santong Mulia menyatakan,"Pelatihan ini sangat bagus karena memanfaatkan bahan-bahan yang ada di tengah masyarakat sebagai komponen utama dalam proses pembuatannya."

Pelatihan dilaksanakan di enam dusun yang tersebar di Desa Santong Mulia, yakni Dusun Tukak Bendu, Lokok Sutrang, Sumur jiri, Mula Gati, Santong Mulia, dan Lokok Rauk. Adapun materi pelatihan mencakup komponen-komponen dasar dalam membuat pestisida nabati berbahan dasar daun pepaya dan bahan tambahan lainnya.

Untuk mengoptimalkan pengimplementasian produk pestisida nabati ini, kelompok KKN berkolaborasi dengan beberapa organisasi pemuda di Desa Santong Mulia yakni Bajang Patuh, BSJ dan Generasi Bersatu. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan tujuan KKN Tematik bertemakan pertanian maju dan berkelanjutan dengan menitikberatkan pengelolaan dan pelatihan pada petani-petani muda.

"Kami meluncurkan inovasi ini dan kemudian melakukan pelatihan kepada warga dengan mengikutsertakan pemuda sebagai penggerak," tutup Ata selaku ketua kelompok KKN Tematik UNRAM di Desa Santong Mulia (Tim KKN, Clarita).

Atasi Masalah Warga di Sektor Pertanian, Mahasiswa KKN T UNRAM di Desa Santong Mulia Tawarkan Solusi Pestisida Berbahan Dasar Daun Pepaya Reviewed by Team LPM SATIVA on 1/17/2023 Rating: 5   Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN Kelompok mahasiswa Universitas Mataram yang sedang menjalankan kegiatan KKN di Desa Santong Mulia melunc...

Tidak ada komentar: