KKN TEMATIK UNRAM MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN BAKSO IKAN UNTUK PEMANFAATAN SDA DI DESA EMBUNG RAJA, KECAMATAN TERARA - LPM Sativa
Selasa, 17 Januari 2023

KKN TEMATIK UNRAM MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN BAKSO IKAN UNTUK PEMANFAATAN SDA DI DESA EMBUNG RAJA, KECAMATAN TERARA

 

Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN


KKN Tematik UNRAM desa Embung Raja Bidang Desa Preneur mengadakan pelatihan pembuatan bakso ikan berbahan ikan Nila. Desa Embung Raja memiliki sumber daya alam dari segi panorama dan potensi pertanian serta budidaya ikan air tawar. Potensi ini yang kemudian melatarbelakangi kelompok KKN Tematik Desa Preneur 2022-2023 mengadakan Pelatihan Pembuatan Bakso ikan guna memanfaatkan SDA yang tersedia.

Pemilihan ikan nila sebagai bahan utama dalam pembuatan bakso ini didasarkan atas melimpahnya ikan nila di Desa Embung Raja, Hal ini didukung oleh adanya dua sumber perairan utama yakni Embung Raja dan Bendungan Pandan Dure. Disampaikan oleh Bapak Hamdi yang merupakan salah satu penjual ikan, produksi hasil perikanan di desa Embung Raja yang melimpah ini menarik perhatian banyak masyarakat di luar desa Embung Raja ikut serta menangkap ikan ke desa Embung Raja. Adapun kisaran harga ikan di desa Embung Raja cukup terjangkau antara 25-28 ribu rupiah per kilogramnya.

“Hadirnya KKN Tematik UNRAM bidang Desa Preneur adalah untuk mencoba memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat dengan cara memanfaatkan produk yang dipandang sebelah mata menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat di Desa Embung Raja,” ungkap ketua kelompok KKN bidang Desapreneur UNRAM.

Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN

Pelatihan pembuatan bakso ikan oleh KKN UNRAM  mendapatkan respon hangat dari masyarakat di Desa Embung. Antusiasme masyarakat dalam pelatihan tersebut, dibuktikan dari banyaknya perwakilan warga dari masing-masing dusun yang hadir dalam pelatihan ini serta aktifnya masyarakat pada kegiatan pelatihan yag berlangsung. Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Embung Raja tersebut diikuti oleh ibu-ibu yang ada di Desa Embung Raja, Staf Desa, dan Perwakilan kelompok Ibu PKK. Selain sebagai upaya pemanfaatan sumber daya lokal, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengembangkan peluang usaha yang ada. Disamping memang mayoritas masyarakat berprofesi sebagai pedagang.

Harapan dari anggota KKN desa Embung Raja terkait kegiatan ini adalah timbulnya lahan usaha di desa Embung Raja berupa penjualan produk bakso ikan yang dilaksanakan oleh masyarakat nantinya dengan penjualan produk masuk ke ruang lingkup nasional. Muhammad Thayib selaku kepala desa Embung Raja berharap dengan adanya terobosan baru dari KKN UNRAM dapat menjadi tambahan ilmu dan bisa diaplikasikan untuk mendukung ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik (Tim KKN, Clarita).

KKN TEMATIK UNRAM MENGADAKAN PELATIHAN PEMBUATAN BAKSO IKAN UNTUK PEMANFAATAN SDA DI DESA EMBUNG RAJA, KECAMATAN TERARA Reviewed by Team LPM SATIVA on 1/17/2023 Rating: 5   Gambar : Dokumentasi Kelompok KKN KKN Tematik UNRAM desa Embung Raja Bidang Desa Preneur mengadakan pelatihan pembuatan bakso ikan berba...

Tidak ada komentar: