Mahasiswa KKN Gelar Sosialisasi Hidroponik dan Pengolahan Kentang di Desa Sembalun Bumbung - LPM Sativa
Kamis, 29 Juli 2021

Mahasiswa KKN Gelar Sosialisasi Hidroponik dan Pengolahan Kentang di Desa Sembalun Bumbung



LPM Sativa -- Mahasiswa KKN TEMATIK UNRAM 2021 mengadakan sosialisasi hidroponik sekaligus pengolahan kentang di desa sembalun bumbung (4/7). Sosialisasi ini diisi langsung oleh ketua tim KKN Sembalun Bumbung Zulfikar sebagai pemateri dan dihadiri oleh lebih dari 20 peserta dari kalangan masyarakat umum yang didominasikan oleh ibu-ibu PKK.


Tim KKN ini mendapat apresiasi dari peserta sosialisasi karena diakui telah menarik banyak minat masyarakat untuk mempraktekkan cara penanaman tanaman dengan menggunakan tekhnik hidroponik terutama sayuran yang biasa dikonsumsi oleh ibu rumah tangga setiap harinya. Tak hanya itu, ibu PKK juga mengakui ketertarikannya dalam mengolah kentang sebagai  makanan pengganti nasi. Rencananya mereka akan menyalurkan ilmu yang didapat kepada masyarakat lainnya, agar nantinya akan dijadikan bahan makanan yang akan dibuat untuk makanan utama anak-anak pada saat posyandu di desa.


Kegiatan sosialisasi tidak berlangsung lama dan mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan. Sosialisasi ini merupakan program kerja tambahan dari KKN sembalun bumbung dan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dalam kegiatan ini terdapat tips dan trik untuk bercocok tanam dengan teknik hidroponik serta mengolah kentang sebagai bahan pokok makanan di sembalun yang dikenal dengan penghasil kentang terbaik, oleh karenanya sangat disayangkan jika tidak terealisasikan. 


"Saya sangat tertarik dengan teknik hidroponik  yang adek-adek sampaikan dan nanti saya akan mencobanya dirumah", ujar salah satu ibu PKK. 


"Apalagi dalam pengolahan kentang, ini bisa dijadikan menu makanan pengganti nasi pada anak-anak posyandu nantinya, kami akan mendiskusikan dengan ibu-ibu PKK lainnya nanti", lanjutnya. 


Harapan terbesar dari tim KKN Unram terhadap kegiatan sosialisasi ini agar masyarakat dapat mengolah dan mengalokasikan kentang yang ditanam sendiri setidaknya untuk dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan yang akan membantu perekonomian rumah tangga dan menghasilkan keuntungan. (Kurot) 

Mahasiswa KKN Gelar Sosialisasi Hidroponik dan Pengolahan Kentang di Desa Sembalun Bumbung Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/29/2021 Rating: 5 LPM Sativa -- Mahasiswa KKN TEMATIK UNRAM 2021 mengadakan sosialisasi hidroponik sekaligus pengolahan kentang di desa sembalun bumbung (4/7)...

Tidak ada komentar: