Dukung Sektor Pariwisata, Tim KKN Tematik Unram Manfaatkan Keindahan Alam Lumbung Pangan di Sembalun Bumbung - LPM Sativa
Minggu, 04 Juli 2021

Dukung Sektor Pariwisata, Tim KKN Tematik Unram Manfaatkan Keindahan Alam Lumbung Pangan di Sembalun Bumbung

 


Sebagai salah satu tempat yang dilestarikan, lumbung pangan merupakan tempat untuk menyimpan ketersediaan pangan sekaligus memiliki keindahan alam yang memanjakan mata disekitarnya. Pemandangan yang dikelilingi oleh persawahan masyarakat dan bukit-bukit yang menjadi tujuan utama wisatawan. Untuk mengembangkan semua itu, masyarakat sembalun bumbung perlu ide kreatif untuk menarik minat para wisatawan agar lumbung pangan yang awalnya hanya untuk menyimpan hasil pangan desa, juga mampu menjadi salah satu tempat liburan sekeluarga dengan dimanjakan oleh pemandangan di sekitar lumbung pangan.

Pembangunan spot foto oleh tim KKN Unram 2021 di Desa Sembalun Bumbung menjadi salah satu langkah untuk mendukung sektor pariwisata. Pembuatan spot foto juga dibantu oleh pemuda karang taruna di dusun setempat. Tampaknya minat wisatawan lebih meningkat dari sebelumnya, karena adanya beberapa pilihan spot foto yang menarik. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program kerja utama. Hal ini banyak mendapat perhatian dari pemerintah desa dan masyarakat setempat karena dinilai cukup kreatif. Terutama program kerja tersebut bisa membantu dalam menambah penghasilan bagi masyarakat disekitarnya sekaligus dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. 

“Pembangunan spot foto ini berlangsung selama 4 hari sejak awal KKN dilakukan, dan langsung dilanjutkan dengan pembangunan screen house”, ujar ketua kelompok Zulfikar.

Ketua KKN Sembalun Bumbung kembali menuturkan harapannya bahwa dengan adanya kegiatan yang dilakukan semoga bisa bermanfaat buat orang banyak terutama dengan adanya pembuatan screenhouse ini sebagai salah satu sarana agrowisata di lumbung pangan.

Selain dari pembuatan spot foto, tim kkn tematik unram juga membangun screen house di sekitar lumbung pangan. Pembangunan screen house ini memiliki daya tarik tersendiri yang dimana selain untuk tempat penanaman hidroponik juga mampu sebagai sarana agrowisata. Selain itu, pembangunan screen house tersebut bersifat berkelanjutan karena masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai tempat pembibitan maupun budidaya tanaman secara hidropoinik. 

Dukung Sektor Pariwisata, Tim KKN Tematik Unram Manfaatkan Keindahan Alam Lumbung Pangan di Sembalun Bumbung Reviewed by Team LPM SATIVA on 7/04/2021 Rating: 5   Sebagai salah satu tempat yang dilestarikan, lumbung pangan merupakan tempat untuk menyimpan ketersediaan pangan sekaligus memiliki keinda...

Tidak ada komentar: