Sudut Pandang Memilih Pandangan Aliansi Nasional BEM Faperta Unram - LPM Sativa
Sabtu, 26 Juni 2021

Sudut Pandang Memilih Pandangan Aliansi Nasional BEM Faperta Unram

Sumber : Google.com

Sebuah hubungan kelompok yang bergabung bersama untuk saling menguntungkan atau mencapai tujuan bersama adalah tujuan dibentuknya aliansi. Lembaga Eksekutif Fakultas Pertanian Universitas Mataram dari tahun ketahun terjadi fenomena dualisme antara dua aliansi nasional (IBEMPI dan ISMPI). Ikatan badan eksekutif mahasiswa pertanian Indonesia (IBEMPI) terbentuk sejak September 2006 di Bogor dan dinyatakan sah dengan akta notaris dari Kemenkumham. IBEMPI masuk ke Faperta Unram sejak tahun 2011 dengan Korwil Nusra saudara Aziz November 1992 di Universitas Jenderal Soedirman diadakan temu ilmiah mahasiswa pertanian nasional yang kemudian menghasilkan Deklarasi Purwokerto yang isinya adalah mendirikan wadah ISMPI dengan Munas 1  di UGM. Keberadaan  ISMPI (Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia) dinyatakan sah berdasarkan keputusan Dirjen pendidikan tinggi departemen pendidikan dan kebudayaan RI nomor: 328/Dikti/Kep/1994.  Demikian adalah ulasan singkat tentang dua aliansi nasional di Faperta Unram. Dari kedua aliansi nasional tersebut tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mengabdi untuk rakyat dan menyambung silaturahmi lintas almamater.

Tutur Hairul Maulana Sofyan, "dimulai dari saya menempuh pendidikan di faperta Unram sejak tahun 2017. BEM Periode waktu itu (2016-2017) memilih IBEMPI sebagai aliansi nasional, periode selanjutnya memilih ISMPI, periode berikutnya memilih IBEMPI, dan periode 2019-2020 BEM Faperta Unram secara tegas tidak memilih aliansi manapun tentunya dengan pertimbangan dan diskusi yang alot dan panjang. Diwaktu yang bersamaan salah satu anggota BEM Faperta Unram mengambil jabatan strategis (Korwill Nusra IBEMPI) secara diam-diam tanpa ada komunikasi sepatah katapun sampai saat ini. Secara tegas nan lugas saya nyatakan "tidak ada niat baik yang bisa ditempuh dengan cara kotor." Jika ada yang bertanya kenapa kabar buruk ini dinaikkan sekarang, jawabannya adalah “kami masih memberikan waktu untuk meminta maaf dan menjelaskan atas dasar apa kesepakatan yang kita himpun bersama di khianati”. Hal ini hadir murni dengan niat baik supaya kedepannya hal serupa tidak terulang lagi. Siapapun dan sekuat apapun dia, tidak ada yang boleh melanggar kesepakatan yang diraih dengan jalan musyawarah untuk mencapai kata mufakat."

Sofyan selaku Demisioner Ketua BEM periode 2019-2020, pun memberikan ucapan selamat kepada BEM periode 2020-2021 atas diputuskannya IBEMPI sebagai aliansi nasional serta berharap besar untuk lembaga eksekutif secara konsisten dalam memilih aliansi nasional. (Anjani, Kurot). 

Sudut Pandang Memilih Pandangan Aliansi Nasional BEM Faperta Unram Reviewed by Team LPM SATIVA on 6/26/2021 Rating: 5 Sumber : Google.com Sebuah hubungan kelompok yang bergabung bersama untuk saling menguntungkan atau mencapai tujuan bersama adalah tujuan di...

Tidak ada komentar: