Sampah Mahasiswa: Tumpukan Sampah akibat Kurangnya Bak Sampah di Program Studi Kehutanan - LPM Sativa
Selasa, 07 November 2023

Sampah Mahasiswa: Tumpukan Sampah akibat Kurangnya Bak Sampah di Program Studi Kehutanan

Oleh:
Ardian dan Rani
(Calon Anggota Muda LPM Sativa)
Pic. kapasitas daya tampung bak sampah tak mencukupi
Kampus merupakan sebuah kompleks atau daerah tertutup yang berupa kumpulan gedung-gedung yang menjadi lingkungan bangunan utama sebuah perguruan tinggi atau universitas. Yang mana bangunan ini sebagai tempat berlangsungnya seluruh kegiatan belajar mengajar, manajemen perkuliahan dan kegiatan mahasiswa lainnya berlangsung.

Berbicara perihal kampus, pastinya tak luput dengan kondisi kebersihannya.  Sementara itu, melihat kebersihan di sebuah kampus, seringkali timbul pertanyaan: “Kebersihan kampus ini merupakan tanggung jawab siapa sih?” Tak jarang mahasiswa beranggapan bahwa kebersihan kampus merupakan tanggung jawab para petugas kebersihan yang bertugas membersihkan sampah disekitar. Padahal, menjaga kebersihan lingkungan kampus sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama, baik petugas kebersihan, tenaga pengajar serta setiap mahasiswa.

Akan tetapi, dalam banyak situasi, terdapat pula banyak mahasiswa yang masih peduli terhadap kebersihan kampusnya. Sementara itu, pada saat yang sama di lingkungan kampus Fakultas Pertanian Program Studi Kehutanan, jumlah tempat sampah yang tersedia pun minim. Sehingga dua hal yang saling terhubung ini membuat sampah di area tersebut tampak berserakan dan merusak pemandangan kampus itu sendiri. 

Lantas bagaimana mengatasi hal tersebut? Apakah pihak kampus sudah enggan mengatasi dan memperhatikan hal-hal yang terlihat kecil seperti ini? Lalu apakah sampah disekitar kampus akan dibiarkan terbengkalai sebab kurangnya ketersediaan tempat sampah?

Sampah merupakan salah satu hal yang menjadi permasalahan dimana pun kita berada.  Sampah ini menjadi permasalahan yang sangat besar apabila dibiarkan, terutama sampah anorganik seperti plastik, kertas dan lainnya. Yang kemungkinan besar dapat menimbulkan penyakit atau menganggu suasana sekitar lingkungan seperti akan mengeluarkan aroma tak sedap atau menjadi sarang nyamuk. 

Melihat hal tersebut perlu diperhatikan kembali sebagai mahasiswa untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga sampah agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan kampus. 

Selain itu, sebagai polemik utama yaitu kurangnya ketersediaan tempat sampah, akan lebih baik apabila pihak kampus dapat lebih memperhatikan hal ini dan mulai menambah atau memperbanyak tempat sampah untuk menghindari terjadinya penumpukan sampah dilingkungan kampus.

Sampah Mahasiswa: Tumpukan Sampah akibat Kurangnya Bak Sampah di Program Studi Kehutanan Reviewed by Team LPM SATIVA on 11/07/2023 Rating: 5 Oleh: Ardian dan Rani (Calon Anggota Muda LPM Sativa) Pic. kapasitas daya tampung bak sampah tak mencukupi Kampus merupakan sebuah kompleks ...

Tidak ada komentar: