Kenalkan Pertanian Modern, HIMASEPTA Gelar Study Tour Ke BRIDA NTB - LPM Sativa
Rabu, 06 September 2023

Kenalkan Pertanian Modern, HIMASEPTA Gelar Study Tour Ke BRIDA NTB

LPM SATIVA - Jumat (1/9/2023), Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram telah menyelenggarakan acara study tour ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) provinsi NTB. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan BASIS SOSEK 2023 yang telah dibuka pada tanggal 26 September 2023 lalu. Study tour ini mengangkat tema ”Agribusiness As Brightening Togetherness”. Acara ini diikuti oleh 201 orang peserta yang merupakan mahasiswa baru Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian Tahun 2023. 
Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai proses pertanian modern yang dimulai dari tahap pembibitan, budidaya, pemanenan, pemasaran serta pengenalan teknologi yang mendukung proses pertanian, yang dimana berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Acara study tour ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi NTB ini juga bertujuan untuk mengenalkan riset dan inovasi di bidang pertanian yang sejalan dengan program studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kunjungan, yaitu kunjungan ke Alsintan yang tujuannya untuk mengenalkan proses produksi dan teknologi yang menunjang proses pertanian, kemudian kunjungan kedua yaitu ke Bokah Farm yang tujuannya untuk mengenalkan proses pertanian hidroponik mulai dari tahap pembibitan, budidaya, pemanenan serta pemasarannya. 

Pembina Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEPTA) Universitas Mataram, Dr. Ir. Halimatus Sa’diyah, M.Sc. mengapresiasi antusias mahasiswa baru Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian dalam mengikuti kegiatan BASIS SOSEK 2023 yang dirancangkan dengan kegiatan studytour ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi NTB. 

”Kunjungan ini juga bertujuan untuk menyelaraskan antara kurikulum dan kebutuhan (link and match) pasar tenaga kerja atau pengguna alumni agribisnis. Selain itu, acara studytour ini juga bertujuan untuk mengenalkan jurusan kedepannya akan berkiprah seperti apa, kegiatan ini juga dapat menjadi umpan balik atau feedback bagi pengembangan kurikulum ke depan,” ucap Dr. Ir. Halimatus Sa’diyah, M.Sc selaku Kepala Jurusan sekaligus Pembina HIMASEPTA Universitas Mataram.

Tidak hanya peserta dan panitia saja, sejumlah dosen dari Fakultas Pertanian Unram pun turut hadir membersamai kegiatan tersebut diantaranya yaitu Ketua Program Studi Agribisnis Bapak Ir. Addinul Yakin, G.D.Ec., M.Ec., Pande Komang Suparyana, S.TP., M.Agb., Ni Made Wirastika sari, SP., M,Si., Dr. Ir. F.X. Edy Fernandez, MP., Mayasari Novrianti, SP. 

”Himasepta Sebagai organisasi yang mengedepankan akademik dan bersifat kekeluargaan sehingga dalam kegiatan basis sosek ini selain untuk menjalin keakraban antara anggota baru, pengurus dan alumni HIMASEPTA basis sosek juga dirangkaikan dengan study tour ke BRIDA NTB untuk belajar mengenai proses pertanian modern yang dimulai dari tahap pembibitan, budidaya, pemanenan dan pemasarannya serta pengenalan teknologi yang mendukung proses pertanian karena kami rasa hal tersebut berkaitan dengan beberapa mata kuliah di program study agribisnis terlebih lagi untuk mahasiswa baru yang baru menginjak semester awal.
"Tentunya besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini mampu memberikan pengalaman, ingatan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk teman teman peserta basis sosek dan semua panitia beserta pengurus yang terlibat dalam kegiatan ini, dan semoga kedepannya dengan terlaksananya kegiatan ini mampu mempererat rasa persaudaraan dan solidaritas kita sesama mahasiswa jurusan sosial ekonomi pertanian," tutup Risman Adrian Hidayat selaku Ketua Umum HIMASEPTA. (Nhelin)

Kenalkan Pertanian Modern, HIMASEPTA Gelar Study Tour Ke BRIDA NTB Reviewed by Team LPM SATIVA on 9/06/2023 Rating: 5 LPM SATIVA - Jumat (1/9/2023), Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram telah menyelenggarakan acara study tour ke Ba...

Tidak ada komentar: