Desa Preneur KKN UNRAM dalam Pengembangan Jangkauan Pemasaran Kain Tenun Pulau Maringkik - LPM Sativa
Minggu, 27 Februari 2022

Desa Preneur KKN UNRAM dalam Pengembangan Jangkauan Pemasaran Kain Tenun Pulau Maringkik

 


Pulau Maringkik terletak di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Pulau Maringkik merupakan sebuah pulau kecil dengan luas wilayah 6 ha, dengan penduduk yang cukup padat untuk ukuran pulau kecil. Secara topografis, pulau yang dihuni oleh penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian nelayan ini, terpisah dari daratan pulau Lombok.

Selain kearifan lokal dan kehidupan bernelayan, Pulau Maringkik juga memiliki kain tenun ikat yang merupakan suatu warisan budaya para leluhur yang turun-temurun dikembangkan hingga saat ini. Kain tenun ikat Pulau Maringkik masih jarang dikenal orang dari luar pulau maringkik, sehingga kendala yang dihadapi para pengrajin tenun di pulau ini adalah pangsa pasar yang masih sangat sempit yakni masih di sekitar pulau maringkik.

Dalam mengatasi kendala yang kini ada, tim Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram (Unram) mengirim mahasiswa KKN bertema desa preneur yang diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahaan  yang kini di hadapi para perajin tenun desa pulau maringkik, melalui program kerja yang telah di rencanakan mahasiswa KKN desa preneur Unram.

Program kerja KKN desa preneur Unram terfokus pada permasalahan pemasaran tenun ikat pulau maringkik. KKN desa preneur Unram melaksanakan program kerja yang berkaitan dengan promosi dan melakukan repackaging untuk tenun ikat pulau maringkik agar menarik daya beli masyarkat lokal maupun pembeli yang berasal dari luar pulau maringkik. Strategi  KKN desa preneur dalam  memperkenalkan tenun ikat maringkik ke luar pulau maringkik dengan cara membuat video promosi, membuat buku ber-ISBN dan melakukan dialogue kepada dinas-dinas terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian serta Dinas Koprasi dan UMKM dengan tujuan agar dinas-dinas terkait meneruskan progran kerja yg telah di laksanakan oleh KKN Tematik Desa prenur Pulau maringkik.

Program kerja KKN desa preneur pulau maringkik diawali dengan melakukan riset kesiapaan berusaha yang bertujuan untuk mengetahui  kesiapan berusaha masyarakat pulau maringkik tentang kain tenun. Kemudian merangkum semua data yang di dapat dalam riset tentang kain tenun untuk membuat buku saku tentang kain tenun pulau maringkik. Tahap selanjutnya yaitu mempersiapkan kemasaan dan logo untuk mendukung nilai jual dari kain tenun pulau maringkik. Setelah itu membuat video promosi untuk memperkenalkan kain tenun maringkik ke luar pulau maringkik dan luar daerah agar lebih di kenal secara luas oleh masyarakat. Terakhir berdialog dengan dinas terkait seperti dinas perindustrian, dinas koprasi  dan UMKM dan dinas pariwisata yang berada di mataram untuk mencari solusi dalam pengembangan kain tenun pulau maringkik ke depanya. (Rina)

Desa Preneur KKN UNRAM dalam Pengembangan Jangkauan Pemasaran Kain Tenun Pulau Maringkik Reviewed by Team LPM SATIVA on 2/27/2022 Rating: 5   Pulau Maringkik terletak di Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Pulau Maringkik merupakan sebuah pulau kecil d...

Tidak ada komentar: