Mahasiswa KKN Tematik Desa Pemongkong Melakukan Penanaman Pohon Bersama Beberapa Kelompok KKN di Kecamatan Jerowaru Sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Risiko Bencana demam berdarah. - LPM Sativa
Selasa, 15 Februari 2022

Mahasiswa KKN Tematik Desa Pemongkong Melakukan Penanaman Pohon Bersama Beberapa Kelompok KKN di Kecamatan Jerowaru Sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Risiko Bencana demam berdarah.

Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram yang ditempatkan di Desa Pemongkong merupakan salah satu kelompok KKN dengan tema Desa Tanggap Bencana (Destana). Kelompok KKN ini merupakan kelompok KKN yang di bimbingan oleh Ir. Herman Suheri, M.Sc., Ph.D dan diketuai oleh Irwan Saputraji dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Salah satu program kerja (proker) yang dilaksanakan oleh kelompok KKN ini yaitu Penanaman Pohon. Dimana penanaman pohon ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 4 Februari 2022 .Penanaman Pohon ini dilakukan di beberapa lokasi yaitu Jalan Serumbung-Ujung, Jalan Singin, Jalan Sende-Ujung, Tanah KAS Desa, dan Kuburan Serumbung.

 Penanaman pohon ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi risiko bencana akibat pemanasan global (global warming). Selain untuk mengurangi resiko bencana akibat pemanasan global penanam pohon ini bertujuan untuk mencegah terjadinya demam berdarah, menambah nilai estetik dan membangun nilai gotong royong masyarakat karena masyarakat sangat antusias sekali dengan dilakukannya penanaman pohon ini. Beberapa jenis pohon yang ditanam adalah pohon nangka, asam, dan kayu putih. Selain untuk mengurangi resiko bencana akibat pemanasan global, pemilihan pohon nangka dan asam dilakukan dengan tujuan buahnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan buahnya . Sedangkan pemilihan pohon kayu putih dilakukan berdasarkan khasiatnya yang ampuh dalam mengusir nyamuk,  mengingat Desa Pemongkong merupakan salah satu desa yang rentan dengan penyakit demam berdarah. Sehingga penanaman pohon kayu putih ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah

Mitra Kerja  dalam Penanaman Pohon ini adalah Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Dodokan Moyosari Kabupaten Lombok Timur . Dalam pelaksanaan proker tersebut, mereka mengundang beberapa kelompok KKN di Kecamatan Jerowaru yaitu satu kelompok dari Desa Ekas Buana, dua kelompok dari Desa Sekaroh, dan satu kelompok dari Desa Paremas. "Dalam kegiatan penanaman pohon ini, kami mengundang rekan-rekan KKN dari desa lain dengan tujuan untuk meningkatkan solidaritas antar kelompok KKN di Kecamatan Jerowaru" Jelas Irwan Saputraji selaku ketua kelompok KKN di desa tersebut.

Semoga dengan dilakukannya penanaman pohon ini dapat meminimalisir bencana demam berdarah dan bencana akibat pemanasan global.

Mahasiswa KKN Tematik Desa Pemongkong Melakukan Penanaman Pohon Bersama Beberapa Kelompok KKN di Kecamatan Jerowaru Sebagai Salah Satu Upaya Mengurangi Risiko Bencana demam berdarah. Reviewed by Team LPM SATIVA on 2/15/2022 Rating: 5 Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram yang ditempatkan di Desa Pemongkong merupakan salah satu kelompok KKN dengan t...

Tidak ada komentar: