Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Gelar Acara Sosialisasi dan Pelatihan langsung kepada Pelaku UMKM di Desa Darmaji - LPM Sativa
Rabu, 09 Februari 2022

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Gelar Acara Sosialisasi dan Pelatihan langsung kepada Pelaku UMKM di Desa Darmaji

  


[KKN Tematik Unram-Desapreneur] Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram 2021/2022 menjalankan KKN disalah satu Desa di Lombok Tengah yaitu Desa Darmaji Kecamatan Kopang, dengan tema Desapreneur. Potensi yang ada di Desa ini adalah banyaknya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang belum berkembang, khususnya di bidang kuliner seperti penjual Jamu, keripik, stik bawang, stik jagung, cilok, terasi, dll. Kebanyakan dari pengusaha/UMKM ini memiliki kendala di bidang pengemasan, pemasaran, dan belum memiliki izin usaha/NIB. Hal inilah yang harus diberikan tindakan bantuan dengan cara memberikan langsung ilmu pengetahuan sekaligus pelatihan terhadap semua UMKM agar menjadi pengusaha yang dapat berkembang untuk desa. 

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram telah melaksanakan Sosialisasi tentang Digital Marketing, Pelatihan pengemasan, dan pembuatan NIB (Nomor Izin Berusaha) untuk para UMKM di Desa Darmaji. Sosialisasi ini dilaksanakan tepatnya di Aula Kantor Desa Darmaji pada tanggal 29 Januari 2022, yang dihadiri oleh para tamu undangan sebanyak 30 orang peserta yang merupakan para pelaku UMKM atau ibu-ibu yang sudah memiliki usaha kecil yang belum berkembang. Ada 2 orang Pemateri dan 1 Orang Pelatih pembuatan NIB. Pemateri pertama atas nama Baiq Dewi Cempaka yang merupakan pemegang informasi UMKM yang ada di Lombok Tengah yang langsung menjadi conector ke Dinas Kesehatan, beliau menyampaikan materi tentang Izin Usaha sekaligus memberikan edukasi bahayanya bahan-bahan terlarang yang biasa digunakan oleh masyarakat awam/kurang pengetahuan dalam pembuatan makanan. Kemudian pemateri ke 2 yaitu Erwin Irawan, SP. Yang merupakan CEO dari PT. Utama Jaya salah satu anak perusahaan dari PT. Tri Utami Jaya yang kini melebarkan sayap bergerak di bidang olahan pangan yang berbahan dasar daun kelor, beliau menyampaikan materi tentang Digital Marketing yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM agar pemasarannya lebih meluas lagi. Selanjutnya adalah pelatihan pembuatan NIB oleh Baiq Nisrina Nurubay, S.T.P. beliau langsung mengajarkan para peserta bagaimana cara membuat NIB, pembuatan NIB ini juga dilakukan dengan bantuan dari mahasiswa KKN dengan membuatkan langsung ke para ibu-ibu UMKM secara dor-to-dor. Acara sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar karena didampingi langsung oleh bapak Kepala Desa Darmaji yaitu bapak Suhaedi, S.E. beliau sangat mendukung dan banyak membantu dalam pelaksanaan sosialisasi. 

Acara sosialisasi ini merupakan program kerja utama dari tim KKN Tematik Universitas mataram, selain dari sosialisasi juga ada pelatihan yang dijalankan yaitu pembuatan stiker dan peng-upgrade an kemasan untuk beberapa produk UMKM diantaranya produk Jamu dari Ibu Mulianah dan Produk Keripik stik bawang dari Ibu Hartati. Untuk produk jamu sebelumnya ibu Mulianah menggunakan kemasan dari botol kaca bekas yang kurang steril dan tidak memiliki stiker produk sehingga sulit untuk mendapatkan izin usaha, untuk itu kami dari KKN memberikan saran agar menggunakan botol plastik yang baru dan layak untuk digunakan sehingga produk ibu Mulianah lebih steril untuk dipasarkan. Alhamdulillah sudah sekitar 90 botol baru serta stiker yang kami berikan kepada ibu Mulianah untuk digunakan dalam pengemasan jamu. 


Pengembangan Potensi Desa Darmaji Melalui Pelaksanaan Pelatihan UMKM Dalam Meningkatkan Karakter Interpreneur Masyarakat merupakan kata penting dari KKN Tematik Unram Darmaji yang sudah berlangsung selama 45 Hari dengan terlaksananya program kerja – program kerja baik itu program kerja utama maupun tambahan. (Maoni) 

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Gelar Acara Sosialisasi dan Pelatihan langsung kepada Pelaku UMKM di Desa Darmaji Reviewed by Team LPM SATIVA on 2/09/2022 Rating: 5    [KKN Tematik Unram-Desapreneur] Kelompok KKN Tematik Universitas Mataram 2021/2022 menjalankan KKN disalah satu Desa di Lombok Tengah yai...

Tidak ada komentar: