Refleksi Hari Sumpah Pemuda: Pantai Meninting Jadi Saksi Aksi Bersih Bersama - LPM Sativa
Senin, 30 Oktober 2023

Refleksi Hari Sumpah Pemuda: Pantai Meninting Jadi Saksi Aksi Bersih Bersama

Aksi nyata bersih pantai bersama. Pictured by Himakel.

LPM SATIVA - Pantai Meninting berlokasi di Dusun Pelempat, Desa Meninting, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat menjadi saksi dari aksi peduli lingkungan pada Minggu, (29/10), di mana beberapa komunitas bergabung dalam kegiatan pembersihan pantai yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Komunitas yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Himakel (Himpunan Mahasiswa Kelautan) Universitas Mataram, MCL, NCTzen, KMPS Lombok Barat, dan Generasi Milenial Peduli Lingkungan Bumi Gora.

Mugiwara merupakan inisiator utama dari kegiatan pembersihan pantai ini. NCTzen Lombok berperan dalam pencarian sponsor, sementara Himakel berkontribusi dalam pengaturan internal selama jalannya acara. Serta volunteer dari KMPS Lombok Barat dan Generasi Milenial Peduli Lingkungan Bumi Gora.

Aksi bersih pantai bersama. Pictured by Himakel

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi antara berbagai komunitas dengan mengadakan Human Project. Selain membuktikan solidaritas, kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, dimana komunitas ingin membangkitkan semangat juang pemuda dan pemudi.

"Menyadari dipandang sebelah mata oleh orang awam terhadap komunitas Kpop dan pecinta anime, kegiatan ini bukan hanya untuk membuktikan solidaritas, tetapi juga untuk membangkitkan semangat para pemuda. Hal ini sejalan dengan upaya membangun jiwa SDM yang lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan," ujar Widy, selaku admin NCTzen sekaligus perwakilan Mugiwara crew Lombok.

Pantai yang menjadi fokus kegiatan adalah salah satu pantai terkotor di antara pantai-pantai lainnya setelah ditelusuri oleh tim. Jumlah peserta dalam kegiatan beach clean up mencapai 120 peserta, belum termasuk panitia. Adapun alat-alat yang digunakan termasuk sarung tangan, karung, dan gareng.

Penyerahan alat kebersihan sebagai simbolis. Pictured by Himakel.

Rincian kegiatan mencakup pembukaan acara dengan sambutan dari Kadus dan penyerahan alat kebersihan sebagai simbolis. Beberapa sponsor yang terlibat dalam kegiatan ini turut disebutkan untuk penghargaan mereka atas dukungan yang diberikan.

Widy menjelaskan, "Sebagai bagian dari manfaat jangka panjang, kegiatan ini diharapkan mampu membuka setidaknya satu titik kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan setiap tindakan melempar sampah pada tempatnya, kita menjadi bagian dari solusi bukan polusi, serta dorongan kepada komunitas lain untuk melakukan kegiatan serupa."

"Ini adalah awal dari perjalanan yang luar biasa dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, dan kepedulian kita sebagai individu dalam menjaga lingkungan di sekitar kita. Kegiatan ini memperlihatkan semangat gotong royong yang harus terus ditingkatkan untuk membangun lingkungan yang lebih bersih bagi generasi mendatang," lanjutnya

Aimar, Ketua Umum Himakel menyampaikan bahwa berkolaborasi dengan mereka dikatakan perfek dan saling melengkapi dalam segala bidang yang dibutuhkan. Ia juga berharap masyarakat dan pemuda setempat dapat melanjutkan apa yang telah mereka inisiasikan di pantai tersebut. Sebab pantai tersebut juga merupakan tempat wisata umum yang kerap dikunjungi wisatawan lokal. Selain itu, harapannya masyarakat juga dapat memiliki kesadaran dalam hal kebersihan guna menjaga lingkungan, agar mampu mengurangi pembuangan sampah sembarangan. (Erna)

Foto bersama






Refleksi Hari Sumpah Pemuda: Pantai Meninting Jadi Saksi Aksi Bersih Bersama Reviewed by Team LPM SATIVA on 10/30/2023 Rating: 5 Aksi nyata bersih pantai bersama. Pictured by Himakel. LPM SATIVA - Pantai Meninting berlokasi di Dusun Pelempat, Desa Meninting, Kecamatan ...

Tidak ada komentar: