ARC: Field Trip Komoditas Kopi di Suela, Lombok Timur Bersama Himasepta - LPM Sativa
Rabu, 17 Mei 2023

ARC: Field Trip Komoditas Kopi di Suela, Lombok Timur Bersama Himasepta

Pictured by Divisi PDD ARC

LPM SATIVA - Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram mengadakan Agribisnis Resource Class (ARC) yang diikuti oleh 49 mahasiswa jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Kegiatan ini diselenggarakan di CV. Sapit Farm, Suela, Lombok Timur, pada tanggal 13 dan 14 Mei 2023, yang berfokus pada tanaman kopi. Kegiatan ini berkonsep study tour selama 2 hari 1 malam dengan tema "Optimalisasi Minat Mahasiswa Dalam Pengembangan Komoditas Pertanian yang Memiliki Potensi Tinggi."

Agribisnis Resource Class (ARC) merupakan salah satu program kerja HIMASEPTA yang diadakan setiap tahun. Kegiatan ARC ini difokuskan pada bagaimana mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, khususnya program studi Agribisnis, dapat mempelajari sistem agribisnis dari hulu hingga hilir secara langsung di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat memahami dan mengimplementasikan teori-teori yang telah dipelajari di dalam kelas.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wita, para peserta berkumpul di depan Gedung C Fakultas Pertanian, Universitas Mataram untuk melakukan registrasi. Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Dr. Ir. Halimatus Sa'diyah, M.Sc, selaku pembina HIMASEPTA sekaligus ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Selanjutnya, rombongan berangkat menuju CV. Sapit Farm.  

Hari pertama ARC, mahasiswa diajak mengunjungi lokasi pembibitan kopi, di sana diberikan edukasi tentang pembibitan kopi, mulai dari persemaian, pengisian tanah ke dalam polibag, penanaman kopi di polibag, hingga penyiraman. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan edukasi mengenai proses pasca panen kopi, mulai dari proses natural, full wash, semi wash, wine sortasi, maupun edukasi tentang roasting kopi.

Pictured by Divisi PDD ARC
Di hari kedua, Minggu (14/5), mahasiswa diajak menuju kebun budidaya kopi yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Di sana mahasiswa diberikan materi tentang penanaman dan perawatan tanaman kopi, lalu mahasiswa diajak untuk memanen buah kopi bersama-sama. Selepas itu, mahasiswa kembali ke Sapit Farm, kemudian mendapatkan edukasi seduh kopi. Yang mana mahasiswa mempraktikkan cara seduh kopi dan menikmati kopi buatannya sendiri. Pengalaman ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. 
Pictured by Divisi PDD ARC
"Harapan kami, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ARC ini bisa meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait sistem Agribisnis mulai dari hulu hingga hilir. Selain itu kami berharap kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk membangun usaha atau terjun ke dunia kerja yang relevan dengan Agribisnis setelah meninggalkan bangku kuliah," ucap Risman Adrian Hidayat selaku Ketua Umum HIMASEPTA. (Nhelin)
ARC: Field Trip Komoditas Kopi di Suela, Lombok Timur Bersama Himasepta Reviewed by Team LPM SATIVA on 5/17/2023 Rating: 5 Pictured by Divisi PDD ARC LPM SATIVA - Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Mataram mengadakan Agribisnis Resource Class...

Tidak ada komentar: