Pakek Torok alias Si Hiu Paus Teluk Saleh Sumbawa - LPM Sativa
Senin, 29 Oktober 2018

Pakek Torok alias Si Hiu Paus Teluk Saleh Sumbawa


Sumbawa - Perairan Teluk Saleh berada di utara pulau Sumbawa, perairan ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati, berbagai jenis ikan ada disini, salah satunya adalah Hiu Paus atau whale Shark.

Hiu Paus hidup bebas disini, kita bahkan bisa menjumpainya sepanjang tahun dengan mudah. Masyarakat lokal menyebut ikan ini "Pakek Torok" yang berarti hiu tuli, hiu paus kerap muncul di Bagang - Bagang nelayan sekitar Desa Labuan Jambu, Sumbawa.

Kemunculannya biasa terjadi disaat para nelayan mulai mengangkat jaring Bagang mereka di pagi hari, hiu paus memanfaatkan momen tersebut untuk berburu ikan-ikan kecil yang lolos dari jaring Bagang yang tarik oleh nelayan.

Menurut Conservation International (CI) sebuah lembaga yang meneliti keberadaan hiu paus di Teluk saleh sejak 2017 telah tercatat lebih dari 50 ekor ikan besar tersebut, dan diperkirakan jumlah tersebut masi akan terus bertambah.

Saat ini keberadaan hiu paus Teluk saleh mulai dikelola secara profesional oleh pemuda desa Labuan Jambu, Tarano -  Sumbawa, mereka membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang fokus menggerakkan ekonomi masyarakat setempat yang berbasis wisata bahari dengan Hiu Paus sebagai ikon utama.


Setiap pengunjung yang ingin melihat dan berinteraksi langsung dengan hiu paus wajib menaati segala aturan yang dibuat oleh pokdarwis, hal ini berfungsi untuk menjaga keberadaan hiu paus di Teluk saleh, juga untuk keselamatan pengunjung itu sendiri.

Berminat untuk menyaksikan atau bahkan berenang bersama si Whale shark? Ayo ke Sumbawa!! (bngr).
Pakek Torok alias Si Hiu Paus Teluk Saleh Sumbawa Reviewed by LPM Sativa 08 on 10/29/2018 Rating: 5 Sumbawa - Perairan Teluk Saleh berada di utara pulau Sumbawa, perairan ini sangat kaya akan keanekaragaman hayati, berbagai jenis ikan ad...

Tidak ada komentar: