SEMARAK LAJURDA XIV TAHUN 2021 - LPM Sativa
Rabu, 10 Februari 2021

SEMARAK LAJURDA XIV TAHUN 2021

 

Sumber Gambar : LPM Sativa

LPM Sativa - Lembaga Pers Mahasiswa Sativa kembali membuka kegiatan Lajurda XIV (Latihan Jurnalistik Dasar ke-14) yang pada tahun ini mengusung tema "Be Smart Millenial with Journalist"  sebagai salah satu rangkaian yang dirancang untuk memperkenalkan tentang dunia jurnalistik kepada para anggota muda Sativa. Pelaksanaan Lajurda ini dibagi dengan 2 kegiatan utama, yaitu kegiatan indoor (dalam ruangan) dan outdoor (luar ruangan).

Lajurda XIV sesi indoor yang dilaksanakan pada 3-4 Februari 2021 di Aula Bumi Perkemahan Jaka Mandala berhasil memantik antusiasme para peserta dan panitia, terlebih karena rangkaian acara pada Lajurda tahun ini cenderung berbeda dari tahun sebelumnya. 

Pada hari pertama Lajurda indoor, dilakukan pemaparan materi tentang kepenulisan dan fotografi oleh beberapa pemateri yang handal pada bidangnya. Sedangkan di hari kedua, para peserta berkesempatan untuk hadir secara langsung di Lombok TV. Disana, para peserta diajak untuk saling berbagi ilmu dan mengenal lebih dekat seperangkat media kerja yang digunakan oleh para jurnalis. Hal ini tentu diharapkan dapat memacu semangat para peserta untuk mendalami teknik-teknik dalam menjadi seorang pewarta profesional. 

Pada 6-7 Februari, kegiatan Lajurda XIV dilanjutkan dengan sesi outdoor yang tak kalah seru dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan yang bertempat di Taman Wisata Kolam SJP, Kecamatan Lenek, Lombok Timur ini berhasil berjalan dengan lancar. 

Pada sesi outdoor, para peserta dituntut untuk mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu seputar jurnalistik yang telah dipelajari sebelumnya pada sesi indoor, seperti mewawancarai masyarakat sekitar lokasi sesuai dengan isu-isu yang telah ditentukan, mengambil dokumentasi dari berbagai sudut pandang dan mempresentasikannya di hadapan seluruh peserta, panitia dan alumni yang turut hadir membersamai serta terdapat beberapa games seru yang tentunya membangkitkan antusiasme para peserta di lokasi kegiatan. 

Kegiatan Lajurda XIV ini tentunya dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Para panitia bahkan menyiapkan masker dan hand sanitizer sebagai kebutuhan bersama selama kegiatan berlangsung. 

Tak ada kendala berarti saat kegiatan ini dilaksanakan, kendala hanya terdapat pada kehadiran peserta yang jauh dari ekspetasi para panitia, yakni hanya sebanyak 50% peserta yang mengikuti kegiatan dari jumlah seluruh peserta yang terdaftar. Hal ini dikarenakan situasi dan kondisi yang sedang tidak bersahabat akibat pandemi Covid-19. Meski demikian, para panitia tetap berusaha mengoptimalkan kegiatan dan memaksimalkan pengetahuan peserta terhadap dunia jurnalistik.

Seluruh keluarga besar Sativa tentunya sangat berharap agar para anggota muda Sativa dapat menjadi penerus serta mampu membawa nama baik LPM Sativa di khalayak umum.

"Semoga anggota muda Sativa ini dapat berproses menjadi orang yang lebih baik. Ingat, orang-orang hebat ialah mereka yang mampu berkontribusi dan bertahan sampai akhir", tutup Ketua Panitia Lajurda XIV. (Septi)

SEMARAK LAJURDA XIV TAHUN 2021 Reviewed by Team LPM SATIVA on 2/10/2021 Rating: 5   Sumber Gambar : LPM Sativa LPM Sativa - Lembaga Pers Mahasiswa Sativa kembali membuka kegiatan Lajurda XIV (Latihan Jurnalistik Dasar ke-...

Tidak ada komentar: