PKKMB ONLINE UNRAM DITENGAH PANDEMI - LPM Sativa
Kamis, 03 September 2020

PKKMB ONLINE UNRAM DITENGAH PANDEMI

Sumber gambar : Dokumentasi BEM UNRAM

Mataram, LPM Sativa - Universitas Mataram melaksanakan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri secara daring. Hal ini dilakukan atas arahan dari Mendikbud mengingat kondisi yang tidak memungkinkan akibat pandemi Covid-19.

PKKMB SBMPTN dan Mandiri akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 7-9 September 2020 dan berlangsung selama 3 hari dimulai pukul 07.30-12.30 WITA. Mekanisme pelaksanaan PKKMB dilakukan secara online dengan metode webinar melalui aplikasi Zoom yang diawali dengan registrasi peserta melalui laman web Unram dan mengisi absensi secara online. Tidak ada syarat dan aturan yang spesifik seperti pada tahun sebelumnya selain imbauan untuk para mahasiswa baru agar mengenakan pakaian wajib hitam-putih saat pelaksanaan PKKMB berlangsung.

"Dalam kondisi ini, memang mahasiswa baru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan teknologi dan memang tantangannya besar.Kami juga dari BEM selalu intens berkomunikasi memberikan jawaban dan arahan kepada mereka agar mereka tidak kelabakan mengatasi permasalahan teknologi. Kami berupaya untuk share info lebih bagus, tajam, dan detail kepada mereka," ujar Anggun Firmansyah, Menteri PSDM BEM Unram 2020.

PKKMB tahun ini menghadirkan beberapa pemateri seperti tahun-tahun sebelumnya yang terdiri dari pihak birokrasi, yakni WR I, WR II, WR III, dan WR IV beserta jajarannya, Ormawa (Organisasi Mahasiswa), Polisi, TNI, Kesbangpoldagri, dan Perpustakaan Universitas Mataram. PKKMB tahun ini mengusung tema "Melalui PKKMB dalam Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar dan Gerakan Revolusi Mental Menuju Tercapainya Pendidikan yang Berkualitas" yang akan dikupas secara detail pada materi inti tentang pembinaan idealisme, penanaman wawasan kebangsaan, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran tentang masalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarism, korupsi, dll.

Seperti halnya pelaksanaan PKKMB SNMPTN beberapa minggu lalu, beberapa hambatan yang perlu diantisipasi demi kelancaran PKKMB SBMPTN dan Mandiri, di antaranya seputar pendataan dan pembagian kuota internet bagi mahasiswa baru yang turut diperjuangkan oleh BEM Unram kepada pihak birokrasi yang sudah harus dilaksanakan H-1 sebelum PKKMB berlangsung serta menambahkan agenda hiburan seperti lomba dan kuis berhadiah kuota internet sebesar Rp. 25.000-100.000 guna menghindari rasa bosan pada mahasiswa PKKMB.

Selain hal itu, tidak ada kendala besar yang perlu dicemaskan.
Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan PKKMB di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan PKKMB Unram tahun ini juga memiliki harapan yang besar bagi para mahasiswa baru, terlebih dalam kondisi pandemi saat ini.

"Harapan yang paling utama mungkin lebih ke pengetahuan maba tentang apa sih Unram itu, bagaimana proses perkuliahan di Unram, dan sebagainya, sehingga mereka bisa lebih mudah beradaptasi walaupun dilaksanakan secara online," tutup Anggun Firmansyah, Menteri PSDM BEM Unram 2020.

(Tri septiyani, dkk)
PKKMB ONLINE UNRAM DITENGAH PANDEMI Reviewed by Team LPM SATIVA on 9/03/2020 Rating: 5 Sumber gambar : Dokumentasi BEM UNRAM Mataram, LPM Sativa - Universitas Mataram melaksanakan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampu...

Tidak ada komentar: