Strategi Positif Sahabat Jurnalis Dalam Mendukung Bangkitnya Sektor Pariwisata NTB Pada Era New Normal - LPM Sativa
Jumat, 07 Agustus 2020

Strategi Positif Sahabat Jurnalis Dalam Mendukung Bangkitnya Sektor Pariwisata NTB Pada Era New Normal

Gambar Ilustrasi

LPM Sativa - Pariwisata merupakan sektor yang diperioritaskan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sektor pariwisata juga menjadi sektor kedua dalam menunjang perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, banyak pulau-pulau kecil yang dikembangkan oleh masyarakat setempat untuk dijadikan tempat wisata. Tak hanya itu, masyarakat juga memanfaatkan infrastruktur yang dibangun didaerah tertentu untuk dijadikan lapangan pekerjaanya.

Hal ini dapat dipertahankan melalui kunci pemulihan sektor pariwisata setelah berbulan-bulan lokasi wisata di NTB ditutup karena kekhawatiran terhadap pandemi yang mengglobal. Sementara ‘New Normal’ telah  diterapkan di NTB dan dapat mendukung strategi yang direncanakan.

Pembuatan konten-konten yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 dapat membantu pemerintah dan masyarakat sehingga dapat mengurangi rasa was-was wisatawan. Selain itu strategi yang dilakukan adalah Dinas Pariwisata Propinsi NTB dapat menyusun protokol cleanliness berupa video edukasi untuk meningkatkan kembali kepercayaan dari wisatawan. 

Selanjutnya kita dapat memanfaatkan media online seperti blog, website, dan sejenisnya untuk mempromosikan tempat wisata terutama bagi blogger, jurnalis dan penggiat semacamnya yang aktif dalam mengelola media.Selain daripada itu, kita dapat mendukung penuh aktivitas pariwisata sehingga timbulnya kenyamanan dan kepuasan dari wisatawan itu sendiri terhadap fasilitas yang diberikan. 

Seperti halnya dengan wisata Gunung Rinjani. Tempat ini telah menarik perhatian sampai ke pelosok negeri. Pemandangan yang memanjakan mata saat berada dipuncak berketinggian 3.726 MDPL yang telah masuk kategori seven summit tak membuat wisatawan kecewa. 

Gunung rinjani yang terdapat di Lombok NTB itu telah menjadi pilihan dan membius para traveling yang hobi mendaki gunung dari berbagai kalangan, terutama bagi pecinta alam, mahasiswa, dan kalangan masyarakat yang sehobi bahkan wisatawan asing yang jauh-jauh datang untuk menikmatinya.

Selain itu, Pantai Kuta Mandalika yang identik dengan pasirnya yang putih, gugusan terumbu karangnya, airnya yang jernih dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Pantai ini terletak di Kabupaten Lombk Tengah NTB dengan garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. 

Mendengar namanya saja, tentunya wisata ini sungguh tak asing lagi dan tidak terlepas dari cerita seorang putri yang bernama Mandalika. Konon katanya, Putri Mandalika yang melompat dari bukit ke laut untuk menghindari kejaran sang pan geran yang hendak mempersuntingkannya. Wisata ini tak hanya menarik bagi kalangan setempat, melainkan wisatawan asing kerap menghabiskan waktu berliburnya ditempat ini.

Oleh karena itu, sosialisasi dapat disampaikan kepada pengunjung atau wisatawan untuk menjaga kelestarian alami dari ekspresi alam tersebut tanpa menohok pada keinginan negarif dan keegoan semata seperti membuang sampah sembarangan dan merusak alam disekitarnya agar kealamian tempat wisata dapat bertahan.




Strategi Positif Sahabat Jurnalis Dalam Mendukung Bangkitnya Sektor Pariwisata NTB Pada Era New Normal Reviewed by LPM Sativa 08 on 8/07/2020 Rating: 5 Gambar Ilustrasi LPM Sativa - Pariwisata merupakan sektor yang diperioritaskan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sektor pariwisata juga menjadi ...

1 komentar: