Dari Kelor, Mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM Meraih Juara I - LPM Sativa
Jumat, 29 November 2019

Dari Kelor, Mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM Meraih Juara I


Mataram. LPM Sativa. Kegiatan bertema Pelatihan dan Kompetisi Social Entrepreneur Model Innovathon 2019 (Semethon 2019) yang digelar Transform bekerjasama dengan SNV Development Organization dan Creativehub UGM yang berlangsung sejak tanggal 26-28 November mendapat dukungan penuh oleh TNP2AK SATWAPRES RI.

Kompetisi bergengsi ini pertama kali hadir di NTB dengan menarik perhatian peserta anak-anak muda millennial yang memiliki ide dan gagasan bertarung dengan 66 peserta yang sudah mendaftarkan timnya secara online. Dari 66 perserta tersebut ada 27 kelompok dari NTB dan sisanya dari luar NTB.

Acara yang berlangsung selama 3 hari di Hotel Lombok Vaganza dilakukan training intensif dan presentasi. Setiap peserta diberikan waktu 5 menit memberikan presentasi terkait gagasan, ide bisnis yang mereka kembangkan atau yang sudah berjalan.

Salah satu Tim Juri Nasional Yuni Setyaningsih, menyebutkan bahwa ada empat indikator penilaian. Pertama gagasan yang memiliki dampak sosial bagi masyarakat luas, kedua teknik penyampaian dalam presentasi, serta produk yang unik memberikan keuntungan baik bagi produsen hingga masyarakat yang terlibat.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM dari tim morikai keluar sebagai juara pertama Semethon 2019. Disusul juara kedua Tim Nutriology, juara ketiga diraih Amalia Food. Sementara juara Tim Terfavorit diperoleh Asparagus.id serta tim terbaik diberikan kepada Flonorable Mention, Yuget Factory dan Nyir Ijo. Para juara memperoleh hadiah uang tunai Rp 7.500.000 untuk juara pertama, juara kedua Rp 5.000.000, juara ketiga Rp 3.000.000 dan Rp 1.000.000 untuk masing-masing juara favorit dan terbaik.

Dalam presentasinya, Tim Morikai memperkenalkan berbagai olahan daun kelor menjadi produk bernilai tambah yang bermanfaat untuk ekonomi masyarakat, kesehatan, dan menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan. Ide dan gagasan serta inovasi yang dipresentasikan oleh Erwin Irawan mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM dinilai sangat menarik, unik, dan bagus oleh tim Juri Nasional yang sudah memiliki jam terbang berpengalaman dalam penjurian setiap kegiatan kewirausahaan di Indonesia.

Erwin Irawan yang kini juga sebagai anggota LPM Sativa UNRAM mewakili Tim Morikai mengucapkan rasa syukur dan tidak menyangka bahwa timnya mampu keluar sebagai Juara dari 66 peserta yang bersaing ketat di Semethon 2019.
“Alhamdulillah, momen ini sangatlah luar biasa bagi saya untuk melanjutkan perjuangan di masyarakat sesuai tema kegiatan, mengurangi angka Stunting, meningkatkan ekonomi masyarakat serta kesehatan dan menuju Kilo-Dompu Go Green 2021 melalui kelor sebagai pangan bernutrisi yang berkearifan lokal” ucapnya.
Erwin Irawan juga menerangkan bahwa ide gagasan yang ia peroleh selain dari pengalaman berbisnis kelor juga belajar dari pengalaman saat ia memimpin KKN di Desa Gondang, KLU dengan pengembangan kelor dan memperoleh PKM-Kewirausahaan dari Fakultas Pertanian UNRAM.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan talkshow dari Karnadi Harijanto dari Satwapres RI sebagai pembicara utama, mentor pelatihan yang berasal dari Creative Hub UGM, dan dewan juri diantaranya Karnadi Jarijanto (Satwapres RI), Sanny Gaddafi (Founder 8Villages/Start Up Nasional), Dirut Be Kraft Syaifullah, Yuni Setyaningsih dari SNV Netherlands Development Organization, Dr. Zainuri dari Lembaga Perguruan Tinggi (UNRAM) dan Suyono Dirut  Transform.

Tujuan acara ini mengajak generasi muda kreatif, berpartisipasi melalui kompetisi gagasan, dalam isu ketahanan pangan, gizi dan stunting di NTB dengan memanfaatkan platform social-entrepreneurship di era industri 4.0 dalam meningkatkan kapasitas generasi muda dan mendukung seluruh ide gagasan gerakan pengembangan kewirausahaan social di NTB.

Penyelenggara mengapresiasi kaum muda di NTB mempunyai peluang kerja baru sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan, menuntaskan permasalahan Stunting, hingga memecahkan masalah lingkungan yang selama ini masih belum terselesaikan oleh pemprov NTB. Hadirnya talenta anak muda NTB diharapkan memberikan solusi yang berdampak positif bagi masyarakat di pelosok-pelosok NTB. (er)
Dari Kelor, Mahasiswa Fakultas Pertanian UNRAM Meraih Juara I Reviewed by LPM Sativa 08 on 11/29/2019 Rating: 5 Mataram. LPM Sativa. Kegiatan bertema Pelatihan dan Kompetisi Social Entrepreneur Model Innovathon 2019 (Semethon 2019) yang digelar Tran...

2 komentar: