Kegiatan Mahasiswa Mempengaruhi Akreditas Perguruan Tinggi - LPM Sativa
Kamis, 06 Desember 2018

Kegiatan Mahasiswa Mempengaruhi Akreditas Perguruan Tinggi





www.lpmsativa.com. Mataram (27/11/18). Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan  akreditasi oleh pihak diluar lembaga yang independen. Seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Jika suatu perguruan tinggi memiliki akreditasi B  atau A, maka lulusan dari perguruan tinggi tersebut akan lebih diperhitungkan oleh perusahaan dibandingkan perguruan tinggi yang berakreditasi C.

Ketua Umum Lembaga Penjamin Mutu dan Pendidikan  (LPMP2) Herman Suheri ditemui di- ruangannya (27/11) menuturkan


Akreditasi bukan hanya sebatas pemberian label pada perguruan tinggi bersangkutan tetapi juga untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sebagai dasar pengakuan oleh masyarakat terhadap mutu pendidikan dari sebuah perguruan tinggi.


Lelaki berkumis tipis tersebut juga mengatakan.  


Standar dan elemen penilaian akreditasi salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya kegiatan ormawa, baik dibidang akademik maupun non-akademik. Kalau kegiatan ormawa nya bagus, PKM nya tinggi, ikut peksiminas, olimpiade dan sebagainya  yang menyangkut kemahasiswaan baik levelnya tingkat  lokal, ragional, nasional, maupun internasional itu memiliki nilai tersendiri. Makin tinggi level yang dicapai oleh ormawa, pihak perguruan tinggi juga mendapat nilai tinggi dipihak kemahasiswaan dan lulusannya


Seketaris BEM Universitas Mataram Muhammad Safari mengatakan.


Adapun faktor penyebab banyaknya mahasiswa yang tidak mau berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi, yaitu karena orientasi mahasiswa sekarang sudah beda. Mereka ingin cepat selesai kuliah dan dapat IP tinggi, sehingga lebih fokus dalam kelas. Dari puluhan ribu mahasiswa Universitas Mataram hanya sekitar 15% yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi. Tapi alhamdulillah sekarang banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan organisasi yang sifatnya edukatif. Hal ini terbukti dari banyaknya pendaftar khusus UKM penalaran dan debat, seperti prima dan argument, Ucapnya.


Pihak Universitas Mataram sudah mengusahakan upaya meningkatkan akreditasi perguruan tinggi dari B ke A dengan cara memperbaiki sistem penyamin mutu internal yang terpacu pada tujuh standar penilain yaitu visi dan misi perguruan tinggi, tata pamong dan kepemimpinan, mahasiswa dan lulusan, sumberdaya manusia atau ketenagakerjaan, kurikulum, sarana dan prasarana sistem informasi, penelitian dan pengapdian pada masyarakat. Jika tujuh standar itu terpenuhi, maka pihak perguruan tinggi dapat mengajukan permohonan peningkatan akreditasi ke BANPT  agar mendapat pengakuan bahwa perguruan tinggi bersangkutan memiliki mutu pendidikan yang tinggi dimata khalayak.

Pada bulan Juli 2018 lalu pihak Universitas Mataram sudah mengusulkan permohonan peningkatan akreditasi ke BANPT. Hasil akhir dari pengusulan peningkatan akreditasi tersebut masih dalam proses peninjauan. (Elisa)
Kegiatan Mahasiswa Mempengaruhi Akreditas Perguruan Tinggi Reviewed by Redaksi V 091 on 12/06/2018 Rating: 5 www.lpmsativa.com. Mataram (27/11/18) . Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan   akredi...

Tidak ada komentar: