Hangatnya Kebersamaan Dalam Keakraban HIMARS - LPM Sativa
Kamis, 06 Desember 2018

Hangatnya Kebersamaan Dalam Keakraban HIMARS



www.lpmsativa.com  tanggal 13-16 September 2018 yang lalu, kegiatan Keakraban HIMARS resmi dibuka oleh Ketua Program Studi Agribisnis Reguler Sore yang dihadiri oleh seluruh tamu undangan dari semua Organisasi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Mataram hingga di luar kampus, juga turut hadir ditambah ratusan Mahasiswa Baru yang menjadi peserta Keakraban HIMARS turut serta hadir.
 
Himpunan Mahasiswa Agribisnis Reguler Sore (HIMARS) mengadakan kegiatan Keakraban  yang dirangkaikan dengan malam keakraban atau biasa disingkat dengan “makrab” dan diikuti oleh semua peserta, panitia dan pengurus HIMARS 2017/2018. Gedung F Akademik Reguler Sore merupakan tempat dimana mahasiswa baru mulai menaruh pengaruh pada lingkungan baru. Antusiasme mahasiswa baru terasa bahkan mengalahkan keseruan proses belajar mengajar di halaman Gedung F ini. Taman Wisata Alam Suranadi, tempat mereka mengukir cerita dan menuangkan keceriaan dalam secangkir tema “Jelajah Perbedaan, Jalin Keakraban, Lestarikan Kebersamaan Bersama HIMARS".


 Keakraban ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahim  antara mahasiswa baru, panitia, pengurus dan civitas akademik reguler sore agar mereka mengetahui dari mana mereka berasal. Dari organisasi ini lah rumah sekaligus tempat mereka belajar, bersosial dan melatih potensi diri. Keakrabanpun juga bertujuan agar mahasiswa baru menambah pengalaman untuk menjaga tali persaudaraan diantara mahasiswa agribisnis reguler sore, bukan hanya di lingkungan kelas saja tetapi dengan lingkungan kampus juga sangat diperlukan. 

Keakraban HIMARS menjadi salah satu program kerja dari Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) yang wajib diadakan setiap tahunnya setelah kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru)  Fakultas Pertanian Universitas Mataram yang telah dilaksanakan oleh Fakultas. Keakraban tahun ini dilaksanakan di Gedung F Akademik Reguler Sore untuk kegiatan malam keakrabannyaa dan Outdoornya dilaksanakan di Taman Wisata Alam Suranadi untuk kegiatan Outbondnya. 

Dalam kegiatan ini ada banyak rangkaian kegiatan yang pastinya seru dan telah dipersiapkan sedemikian rupa oleh panitia Keakraban HIMARS 2018. Apa aja sih kegiatan pada malam keakrabannya? Sebelumnya pada kegiatan diawal pembukaan kegiatan ini seluruh mahasiswa baru sudah menentukan kelompoknya masing-masing untuk menyusun konsep pentas seni pada esok malam harinya, suasananya pada saat itu beragam, ada kelompok yang memulainya dengan berkenalan ada yang malu-malu kucing, ada yang mulai melirik-lirik kaum hawa sampai senyum-senyum sendiri sampai ada yang mulai baper dengan teman kelompoknya sendiri.

Tampak lampu kelap-kelip mungil menghiasi malam keakraban yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta Keakraban HIMARS.
Malam keakraban pun tiba, pemandangan pada malam itu sangat unik, berbeda dan sangat indah. Hangatnya malam begitu lengkap dihiasi warna-warninya sinar tumbler yang merubah suasana menjadi indah akan panorama sinarnya menghiasi malam keakraban. Acara pentas seni kian seru dan riang ketika semua kelompok duduk bersama menanti acara pentas seni akan dimulai. Tema Pentas Seni yang dibawakan para mahasiswa baru yaitu, Boy and Girl Band, Musikalisasi Puisi, Drama Romantis, Drama Komedi dan Acoustic.
Suasana semarak malam keakraban pentas seni antar kelompok yang berlangsung meriah disambut yel-yel dan penampilan yang menarik.
Acara malam keakraban ternyata menarik banyak minat Alumni Agribisnis Reguler Sore datang ikut serta menyemarakkan pentas seni. Bapak KAPRODI Agribisnis Reguler Sore Dr. Ir. Bambang Dipokusumo M. Si. berserta istri dan anaknya disusul ibu Sekretaris PRODI Agribisnis Reguler Sore Ir. Asri Hidayati M. Si. dan Bapak Ir. Hery Haryanto M. Si yang juga tidak mau kalah dengan bapak KAPRODI yang juga membawa istri serta anaknya ikut menyemarakkan pentas seni malam keakraban ini.
Pentas seni pun berlangsung, setelah pemandu acara memberikan semangat kepada semua kelompok, akhirnya kelompok 9  dipilih untuk tampil pertama, dengan semangat berdiri dan berjalan sambil meneriakkan yel-yel andalannya kelompok 9 disambut gemuruh dan tepuk tangan oleh rekan peserta kelompok lainnya. Tentu suasana semakin seru dan saling membalas yel-yel antar kelompok.

Penampilan unik dari salah satu kelompok pada pentas seni yang mampu membuat malam semakin ramai, seru dan penuh canda dan tawa.
Uniknya pun beragam, mulai dari stand up comedy, menari ala India, salto jungkir balik, hingga suara merdu tilawah ayat Al-Qur’an menjadi moment keseruan pensi malam keakraban HIMARS. Sungguh acara yang istimewa dan snagat “mengistimewakan” para penikmatnya. Mahasiswa baru, panitia, pengurus, alumni, pemandu, sangat membaur, suasana meriah, ceria dan bersemangat, seperti terangnya sinar tumbler mewarnai indahnya malam keakraban.

Suasana bersih-bersih halaman Gedung F agar membentuk rasa gotong-royong dalam kebersamaan.
Pagi harinya, para mahasiswa baru mulai gotong royong membersihkan halaman sekitar Gedung F Akademik Reguler Sore, walaupun dalam keadaan mata mengantuk, tubuh yang lelah, mata sembab karena kurang tidur, semua mahasiswa baru saling bahu membahu membersihkan sampah dan memindahkan sisa bangunan disekitaran Gedung. Setelah semuanya bersih dan indah dilengkapi dengan keringat bercucuran dan kotoran yang menempel di ditubuh semua mahasiswa bersemangat kumpul di halaman Gedung F untuk melaksanakan senam yang dirangkaikan dengan game seru dan menarik.
Tampak salah satu kelompok berusaha melewati setiap pos jelajah alam yang penuh dengan teka-teki.
Perjalanan pun dilanjutkan, sejuk udara dan hangatnya sinar mentari pagi Taman Wisata Alam Suranadi menunggu kedatangan mahasiswa baru agribisnis reguler sore. Setibanya di lokasi, jelajah alam berlangsung, rimbunnya pepohonan hutan alam Suranadi dilewati oleh masing-masing kelompok. Tiap – tiap pos dengan horror dan candaan mautnya santai menunggu kedatangan mereka untuk dilatih kekompakan, pengetahuan, mental, sikap, dan karakternya. Banyak hal unik terjadi, mulai dari beragam sanksi dan pertanyaan tajam yang diberikan disetiap pos hingga jalur pos yang menantang adrenalin menjadi titik kesannya. Cuaca pun berubah dari yang cerah berawan, menjadi mendung gerimis, derasnya hujan “memaksa” kegiatan segera diakhiri. Saat itu sore hari jelajah alam pun berakhir.
Diskusi mengatur strategi demi terjaganya komunikasi dan koordinasi dalam kelompok untuk melewati pos-pos ditengah rimbunnya hutan Suranadi.
Dibawah derasnya hujan yang mengguyur, di dalam Aula Taman Wisata Alam Suranadi seluruh peserta berkumpul menunggu salah satu dari kelompok mereka dipanggil sebagai kandidat juara kelompok terbaik selama kegiatan keakraban. Akhirnya kelompok 9 terpilih dari 10 kelompok yang ada menjadi kelompok penampilan terbaik saat pensi dimalam keakraban. Selain itu beragam hadiah untuk nominasi juara  maba terheboh, yel-yel tergokil dan lainnya turut dirasakan oleh kelompok lainnya.

Suasana penutupan kegiatan Keakraban HIMARS yang ditutup langsung oleh Ketua Program Studi Agribisnis Reguler Sore, bapak Dr. Ir. Bambang Dipokusumo M. Si. disambut meriah dan sorak sorai peserta Keakraban di Aula Taman Wisata Alam Suranadi.
 Tadinya hujan deras, saat itu berubah menjadi gerimis, kegiatan Keakraban HIMARS ditutup oleh Bapak KAPRODI Agribisnis Reguler Sore. Suasana hangat ruangan yang begitu sejuk dibawah guyuran gerimis menyapa dengan lembut disetiap rintikkannya, menyambut detik-detik kegiatan keakraban telah selesai. Nyanyian jingle andalan HIMARS menyelimuti suasana yang cukup mengharukan hati semua orang yang berada di sana.
Semua orang yang berada di sana saat itu pasti akan berpikir “Dua hari satu malam saja rasanya tidak cukup”.(Erwin)
Hangatnya Kebersamaan Dalam Keakraban HIMARS Reviewed by Redaksi V 091 on 12/06/2018 Rating: 5 www.lpmsativa.com   tanggal 13-16 September 2018 yang lalu, kegiatan Keakraban HIMARS resmi dibuka oleh Ketua Program Studi Agribisnis R...

Tidak ada komentar: