KPDS untuk FAPERTA ! - LPM Sativa
Rabu, 28 November 2018

KPDS untuk FAPERTA !

www.lpmsativa.com Mataram. Mataram (27/11/2018) ” Kpds merupakan singkatan dari Komisi Pesta Demokrasi Sativa. Kpds ini dibentuk oleh organisasi DPM yang dimana tugasnya hampir sama dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Kpds ini dibentuk dengan tujuan untuk menyelenggarakan pemilihan ketua BEM khusus pada fakultas pertanian. 

Ketua KPDS kali ini adalah wawan hendrawan berasal dari program studi budidaya perairan. “Berita acara kpds ini sudah ada dimana pada waktu dekat ini akan dipasang spanduk mengenai timeline dari kpds itu sendiri” ungkap Ketua Panitia. Pada tanggal 1-7 desember mulai dibuka pendaftaran, tanggal 8-9 verifikasi berkas untuk calon ketua BEM, tanggal 10 penetapan nomor calon, tanggal 11-17 masa kampanye calon, tanggal 18 debat antar calon, setelah itu pemilihan dan pada anggal 21  pengumuman calon pemenang.

Jumlah kepanitian sekitar 12 orang yang dimana panitia ini berasal dari delegasi masing-masing ormawa Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Akan tetapi melalui pendelegasian ini memiliki kekurangan karena yang didelegasikan kadang tidak sepenuhnya ingin mengikuti kepanitian. Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan ini yaitu berasal dari fakultas dan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan.

KPDS membuka 2 jalur pendaftaran diantaranya: (1) Jalur independen/perseorangan yaitu pada jalur ini seseorang yang ingin mencalonkan dirinya sendiri dengan syarat memberikan 100 KTM sebagai tanda bukti dukungan. Sedangkan untuk calon Ketua dpm dan sekertaris dpm cukup 50 KTM bisa mencalonkan diri. (2) Ormawa yaitu calon ketua bem, sekertaris bem dan ketua dpm dan sekertaris dpm minimal diusung oleh 2 ormawa yang berada di lingkungan fakultas pertanian dibuktikan dengan surat rekomendasi dari ketua ormawa. 

Antara kpds dengan DPM sudah ada koordinasi diantara keduanya, dimana DPM terus memantau dan diskusi bersama kpds untuk mendapatkan hasil yang terbaik. “Beberapa waktu lalu ketua DPM selaku ketua kppds beserta ketua kpds sudah menghadap ke wd3 berkoordinasi tentang pelaksanaan pds” ungkap ketua DPM. Dia berharap kepada yang tergabung dalam kepanitiaan pelaksanaan pesta demokrasi sativa ini bisa menjalankan tugas dan amanat dengan penuh tanggung jawab. 

Aklamasi terjadi jika hanya terdapat hanya satu calon, akan tetapi jika lebih dari satu maka proses pemilihan disesuaikan dengan pedoman  peraturan kpds.

Dalam pelaksanaan pesta demokrasi sativa ketua panitia kpds harus berlaku dengan jujur, tidak boleh memihak, bersifat netral dan tidak mempunyai kepentingan khusu' ungkap wd3.

Harapan saya untuk pasangan calon ketua BEM dan sekertaris BEM kali ini merupakan orang-orang yang berkompeten dan mampu merangkul kembali seluruh organisasi mahasiswa yang ada di bawahnya agar mau berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan yang ada di faklutas pertanian. ujar beliau.
KPDS untuk FAPERTA ! Reviewed by Redaksi V 091 on 11/28/2018 Rating: 5 www.lpmsativa.com Mataram. Mataram (27/11/2018) ” Kpds merupakan singkatan dari Komisi Pesta Demokrasi Sativa. Kpds ini dibentuk oleh organ...

Tidak ada komentar: