Membuat Efek Jera Bagi Pelaku Pencurian - LPM Sativa
Selasa, 08 November 2016

Membuat Efek Jera Bagi Pelaku Pencurian


FAPERTA UNRAM, LPM SATIVA- Keamanan sangat penting di manapun kita berada, tidak hanya di lingkungan tempat tinggal, di lingkungan kampuspun keamanan sangat perlu diperhatikan. Keamanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan mahasiswa dalam perkuliahan.
Tingkat keamanan di Fakultas Pertanian (Faperta) sudah diperketat, dengan pengadaan CCTV di setiap gedung perkuliahan dan Mushola. Akan tetapi masih ada kejadian pencurian. Seperti musibah kehilangan yang di alami oleh Siti Qomariah, mahasiswi agribisnis semester tiga.
                Akhir bulan oktober lalu masyarakat kampus Faperta dihebohkan dengan kejadian kehilangan laptop, handphone, dan dompet  yang dialami oleh Siti Qomariah. Kejadian tepat di mushola Faperta Unram. Mengenai kejadian ini pihak kampus telah mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh Dekan Faperta, para Wakil  Dekan, Ketua Jurusan, Satuan pengaman serta mahasiswi yang mengalami kehilangan. Ditemui di ruangannya Wakil Dekan Dua (WD II) menuturkan “kami telah menyurati Kapolsek Mataram untuk menindaklanjuti kejadian ini ,namun pihak kampus masih menunggu kabar dari polsek”.
Sanksi-sanksi yang akan diterima oleh pelaku selain akan di keluarkan dari kampus pelaku juga akan menjalani proses hukum, dan rencananya video CCTV akan disebarkan ke dosen pengajar. Video akan ditayangkan ketika perkuliahan sedang berlangsung. “Hal ini dimaksudkan agar pelaku menerima efek jera”. Untuk mencegah korban selanjutnya jumlah satpam telah ditambah, dengan tugas masing-masing  dan ada rencana  pemasangan loker yang dapat digunakan mahasiswa untuk menyimpan barang ketika kegiatan ibadah sholat sedang di laksanakan.
Kejahatan dapat terjadi sebab adanya kesempatan, seharusnya mahasiswa yang beraktifitas di kampus harus lebih memperhatikan barang-barang mereka. “Jangan menyepelekan hal-hal kecil, apalagi menitipkan barang kepada orang yang tidak dikenali, hal ini harus benar-benar di perhatikan jangan hanya mengandalkan petugas keamanan, dan CCTV namun perlu adanya kesadaran dari diri masing-masing untuk menjunjung tinggi keamanan demi mendapatkan kenyamanan”, tutur wakil dekan dua mengakhiri. (Uci)



Membuat Efek Jera Bagi Pelaku Pencurian Reviewed by Redaksi V 091 on 11/08/2016 Rating: 5 FAPERTA UNRAM, LPM SATIVA- Keamanan sangat penting di manapun kita berada, tidak hanya di lingkungan tempat tinggal, di lingkungan kampus...

Tidak ada komentar: