AGROEDUCATE BERSAMA GENBI UNRAM - LPM Sativa
Rabu, 02 November 2016

AGROEDUCATE BERSAMA GENBI UNRAM


Mataram, LPM SATIVA. Mahasiswa Universitas Mataram penerima beasiswa Bank Indonesia dikenal dengan nama GENBI (Generasi Baru Indonesia), mengadakan kegiatan bersama anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cakranegara. Kegiatan yang diberi nama Agroeducate ini dilakukan tanggal 29 Oktober 2016 yang berlangsung di salah satu hydrofarm bernama Rumah Hijau  yang berada di Kecamatan Gunung Sari. Kegiatan yang dilakukan  berupa mengajarkan cara budidaya tanaman menggunakan media air ini, memiliki peserta 30 orang siswa-siswi kelas 5.
Pihak Pemberi beasiswa dalam hal ini adalah Bank Indonesia (BI) juga ikut memeriahkan kegiatan ini, terlihat dari kehadiran karyawan BI, salah satunya yaitu Pak Nurfan. Pak Nurfan selaku perwakilan BI menyatakan sangat antusias dalam kegiatan yang diadakan GENBI, terlebih kegiatan ini  (menanam menggunakan media air) sangat bermanfaat pada lahan yang sempit. Hal ini disampaikan dalam sambutan beliau. Selain dari Bank Indonesia, guru-guru SDN 2 Cakranegara juga antusias dalam kegiatan ini, terlihat ketika salah satu guru ikut bertanya ketika salah satu anggota GENBI memberikan materi tentang hydrofarm.
Menurut Ifat selaku anggota GENBI kegiatan Agroeducate ini  merupakan bentuk edukasi dalam bidang pertanian dalam hal ini tujunannya  adalah memperkenalkan kepada anak-anak SD dan kepada anggota Genbi sendiri, “Agroeducate ini adalah salah satu bentuk edukasi dalam bidang pertanian, yang ditujukan untuk teman-teman GENBI dan anak SD mengenai cara tanam menggunkan media air, sehingga mereka tidak terpaku pada media tanah yang membutuhkan lahan yang luas, media air bisa digunakan dalam lahan sempit seperti pekarangan, sehingga bisa diaplikasikan di rumah dengan biaya yanng lebih murah”ujarnya ketika diwawancara.
 Ifat juga mengatakan bahwa “anak-anak SD juga sangat antusias dalam kegiatan Agroeducate ini, mereka sebelum sampai lokasi saja sudah banyak bertanya tentang hydrofarm, begitupun di lokasi mereka sangat aktif” ujar mahasiswi Fakultas pertanian ini.
Adapun manfaat yang dirasakan oleh anggota GENBI adalah adanya tambahan pengetahuan pengalaman dalam menanam menggunakan media air, tidak hanya itu manfaat lainnya meningkatkan kekompakan antar anggota GENBI dan menjadi titik acuan dalam kegitan berikutnya, hal ini disampaikan oleh Dea selaku anggota GENBI. (Jan & Nah)


AGROEDUCATE BERSAMA GENBI UNRAM Reviewed by Redaksi V 091 on 11/02/2016 Rating: 5 Mataram, LPM SATIVA. Mahasiswa Universitas Mataram penerima beasiswa Bank Indonesia dikenal dengan nama GENBI (Generasi Baru Indonesia)...

Tidak ada komentar: