PELAKSANAAN SBMPTN 2015 - LPM Sativa
Rabu, 10 Juni 2015

PELAKSANAAN SBMPTN 2015

Catatan: pengawas sedang merapikan lembar jawaban peserta. (rina)
















Mataram (9 mei 2015) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di luar Universitas Mataram tepatnya di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mataram selasa kemarin  berlangsung dengan baik dan lancar. tempat ini merupakan salah satu sekolah yang digunakan oleh Universitas Mataram (UNRAM) dalam pelaksanaan SBMPTN. Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan dari pihak sekolah dalam pelaksanaan SBMPTN kali ini.
Kerja sama antara sekolah dengan Unram diawali dengan surat yang dikirim dari pihak Unram ke sekolah, yang kemudian pihak sekolah akan mensosialisasikan hal tersebut ke Panitia Lokasi (PANLOK) di sekolah, selebihnya panitia yang mengatur mengenai segala macam hal termasuk pengawas ujian. “Dari tahun ke tahun sekolah ini digunakan  untuk lokasi tes SBMPTN, jika ada perubahan itu berasal dari pusat namun hanya sedikit saja. Seleksi bersama ini juga tidak merugikan pihak sekolah sama sekali karena siswa/siswi dalam masa libur setelah menjalani ujian akhir semester genap,” ungkap Rubiah selaku Wakil Kepala Sekolah di SMA 3 Mataram mengakhiri pembicaraan.
Persiapan para peserta sebelum waktu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dilakukan sebagian besar dari peserta hanya belajar sendiri dengan mencari materi di internet, tentang contoh-contoh soal prediksi SBMPTN tahun 2015 dan mempelajari buku-buku pelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA).

SBMPTN kali ini terdapat dua sesi tes potensi  yakni, sesi pertama TKD (tes potensi dasar) mata pelajaran yang diujikan yaitu Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, dan Bahasa Indonesia sedangkan sesi kedua TKPA (tes potensi akdemik) yang diujikan yaitu Numrik, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Tes SBMPTN ini terdiri dari 3 kelompok ujian yaitu Sainstek, soshum dan Campuran. Ujian Sainstek diperuntukkan untuk peserta yang memilih Program Studi (Prodi) yang  menjurus ke sains dari ketiga pilihan program studi, Soshum jika peserta hanya memilih Prodi yang menjurus ke ilmu sosial dan hukum, sedangkan kelompok ujian Campuran untuk yang memilih Prodi yang menjurus sosial dan sains dari ketiga pilihan program studi, entah itu memilih satu program studi sains dan dua soshum atau satu soshum dan dua sains. “Tes yang saya ambil ini tes saintek, dan jurusan yang saya ambil yaknik teknik informatika dan teknik informasi,” ungkap Firman salah seorang peserta SBMPTN . (379/Rina)

Hari dan tanggal
Wita
Kegiatan
Selasa 9 Juni 2015
08.00 – 08.30
- masuk ruang ujian
- mengisi biodata
- pemeriksaan identitas
08.30 – 10.15
-tes kemampuan dasar sientik   (TKD saintek)
10.15 – 10.45
Istirahat
10.45 – 11.00
- masuk ruang ujian dan        mengisi biodata
11.00 – 12.45
- tes kemampuan dan potensi    akademik (TKPA)
* Jadwal tes SBMPTN kelompok Sainstek

PELAKSANAAN SBMPTN 2015 Reviewed by Redaksi V 091 on 6/10/2015 Rating: 5 Catatan: pengawas sedang merapikan lembar jawaban peserta. (rina) Mataram ( 9 mei 2015 ) Seleksi Bersa...

Tidak ada komentar: