Tanaman Delima Mengandung Manfaat - LPM Sativa
Sabtu, 02 Mei 2015

Tanaman Delima Mengandung Manfaat

Net

            Pada umumnya pohon delima ditanam di pekarangan dan bermanfaat sebagai tanaman hias dan obat-obatan serta daging buahnya dapat dimakan langsung yang mempunyai rasa asam manis. Disamping itu daging buahnya dapat diekstrak dijadikan minuman yang menyegarkan. Kandungan nutrisi buah delima per 100 gram buah terdiri dari atas air (78 g), protein (1,6 g), lemak (0,1 g), karbohidrat (14,5 g) dan mineral (0,7 g). Analisis lain menunjukkan bahwa terdapat kandungan gula inversi (20%), glukosa (5-10%), asam sitrat (0,5-3,5%)dan vitamin C (14mg/100 g). Zat pewarna kuning pada kulit buah delima mengandung asam galotanat.  Kandungan tanin tertinggin terdapat pada kulit akar (28%).
Manfaat Dari Tanamaan Buah Delima
Hampir semua bagian tanaman bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari daun, bunga, buah kulit akar dan lain sebagainya. Dibawah ini manfaat dari bagian tanaman buah delima, seperti:
  •  Buah (Sari Buah)
Penyedia Antioksidan. Sari buah delima (jus), banyak mengandung flavonoid kaya dengan anti karsinogenik yaitu senyawa antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kangker kulit dan kangker prostat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu mencegah terjadinya penymbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolestrol, khusunya bagi mereka yang berisiko tinggi, delima membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, mampu melawan peradangan dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan dan jus delima dapat menyebabkan kematian sel kangker.
 
Sebagai Pencegah Kangker. Delima juga dapat mencegah kangker payudara dan penurunan perkembangan kedua jenis kangker kulit, karsinoma sel basal,dan karsinoma sel skuamosa. Fitonutrien dan antioksidan yang terkandung dalam buah delima mampu berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya. Untuk mengobati seringnya buang air kecil dapat dilakukan dengan merebus satu buah delima yang dicampur dengan bawang kucai lalu merebusnya dengan tiga gelas air, sampai tinggal setengahnya, setelah dingin kemudian disaring dan dapat langsung diminum, lakukan dengan dua kali dalam sehari
Penyelamat Ginjal. Penelitian di Israel melaporkan tingginya kandungan antioksidan polifenol dalam delima dapat mencegah terjadinya komplikasi lanjutan bagi penderita gagal ginjal khususnya mereka yang sedang menjalani cuci darah. Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa para penderita gagal ginjal yang minum jus delima dapat mengurangi infeksi dan kerusakan sel-sel ginjal yang disebabkan karena radikal bebas.
Sebagai Anti Bakteri. Buah delima mengandung zat kimia alkaloid dan tannin yang mempunyai sifat anti bakteri dan virus dan dapat menambah kekebalan tubuh seseorang. Pada bagian buah termasuk daging buah serta kulit dapat mencegah dan mengendalikan virus dan mikroba patogen dalam darah.
 
  •  Kulit Buah Delima
Selain daging buahnya dapat langsung dimakan, kulitnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit, seperti bedak. Cara pembuatannya: rendam kulit delima selama 1 jam dengan air garam (untuk membuang racun yang ada di kulit buah). Cuci dengan air bersih dan keringkan dengan sinar matahari atau menggunakan oven (suhu rendah 70’C) supaya hasiatnya tidak hilang. Campurkan dengan sedikit ibu kunyit, sedikit beras yang telah direndam dan lembutkan. Adonan yang sudah mengental dapat langsung disapukan pada bagian tubuh yang bermasalah.
  •  Daun Tanaman Delima
Daunnya bermanfaat untuk peluruh haid wanita, mengatasi masalah sakit perut kembung dan perih. Caranya dengan iris-iris daun delima sebanyak lima lembar, seduh dengan air panas setengah gelas, biarkan 10 menit lalu diminum. Dianjurkan lakukan selama 5 hari.
  •  Bunga Buah Delima
Bunga delima dapat mengobati radang gusi dan bronchitis. Caranya ambil tujuh kuntum bunga delima, rebus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin saring dan langsung dipakai untuk kumur-kumur, sedangkan untuk menghentikan pendarahan dapat dilakukan dengan merebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa setengahnya, minum air rebusan tersebut dua kali sehari. 
  •  Kulit Akar Delima
Kulit akar dapat mengatasi sakit perut akibat disentri, cacingan, muntah darah peradangan Rahim, radang tenggorokan, radang telinga dan keputihan. Caranya ambil 7 g akar delima yang sudah kering, cuci bersih dan potong-potong seperlunya. Rebus potongan akar tersebut dengan 1 gelas selama 15 menit, saring dan minum airnya setelah dingin. (Angga 145) 
Sumber: Pusat Penelitian Dan Pengembangan Hortikultura (Kementerian Pertanian 2014)
Tanaman Delima Mengandung Manfaat Reviewed by Redaksi V 091 on 5/02/2015 Rating: 5 Net             Pada umumnya pohon delima ditanam di pekarangan dan bermanfaat sebagai tanaman hias dan obat-obatan serta daging bu...

Tidak ada komentar: