ULAH MANUSIA PENYEBAB TERJADINYA PERUBAHAN IKLIM - LPM Sativa
Rabu, 11 Maret 2015

ULAH MANUSIA PENYEBAB TERJADINYA PERUBAHAN IKLIM


Oleh: Drs. Hadi widiatmoko, M.Si
(Kepala Bidang Pengelolaan Citra Inderaja BMKG)
 
            Perubahan iklim menurut saya sebagai weather forecaster/meteorologist dapat dijelaskan sebagai berikut. Pengetahuan tentang perubahan iklim dapat dipahami dari faktor kendali umum (bersifat alamiah) dan faktor kendali khusus yang sangat dipengaruhi oleh faktor manusia (antropogenik).
            Dilihat dari sisi Faktor kendali umum, pengetahuam tentang perubahan iklim diperoleh dari studi terhadap fenomena astronomis yang mempengaruhi cuaca dan iklim dan Bumi (Astometeorologi) dan studi fenomena atmosfer atas yaitu studi gangguan Matahari pada atmosfer atas tetapi berpengaruh hingga atmosfer bawah (troposfer), karena atmosfer merupakan kesatuan Aeronomi. Dari kedua cabang ilmu ini, orang dapat mengetahui bahwa pada beberapa juta tahun silam iklim di Bumi mengalami jaman es (ice ages) dan periode panas yang dikenal dengan Interglacial Priods.
            Fenomena perubahan iklim yang terjadi pada jutaan tahun silam tersebut disebabkan oleh faktor alamiah karena Variasi Periodik dari orbit Bumi yang berpengaruh pada jumlah energi Matahari yang diterima oleh permukaan Bumi. Berdasarkan penelitian dari berbagai literatur, diperkirakan jaman es berlangsung selama lebih dari 90.000 tahun dengan suhu udara mencapai sekitar 10 oC di bawah suhu udara rata-rata saat ini. Sementara itu, periode panas berlangsung sekitar 10.000 tahun silam dengan suhu udara kurang lebih sama dengan suhu saat ini.
            Dari sisi faktor kendali khusus, pengetahuan perubahan iklim diperoleh berdasarkan fakta/data dan hasil analisis indikator-indikator lingkungan yang memegang peranan penting pada pemahaman kita tentang perubahan iklim dan faktor-faktor penyebabnya. Data dari sebuah indikator dapat memberi informasi keadaan tentang kondisi lingkungan tertentu pada suatu wilayah pada kurun waktu tertentu.
            Indikator suhu misalnya, dapat memberi informasi tentang intensitas tentang penggunaan energi (peningkatan kendaraan bermotor, industri, dan lain sebagainya) atau kondisi suatu wilayah mengalami degradasi (misalnya deforestrasi, konversi lahan pertanian/ perkebunan menjadi perumahan). Sementara itu, curah hujan dapat memberi informasi tentang perubahan siklus serta neraca hidrologi musiman dan tahunan. Sedangkan tinggi permukaan laut dapat memberi informasi tentang perubahan proporsional massa air dan es di permukaan Bumi. Dan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer memberi informasi mengenai tingkat konsumsi bahan bakar fosil.
            Menurut saya, isu perubahan iklim yang menjadi perhatian semua negara di dunia saat ini adalah lebih dari faktor kendala khusus akibat ulah manusia (Antropogenik), yang merefleksikan atau mencerminkan hubungan kausalistik kondisi lingkungan Bumi yang meliputi atmosfer, biosfer, hidrosfer, kriosfer, dan pedosfer.
            Paling tidak ada tiga hal penting yang harus menjadi perhatian para peneliti perubahan iklim. Pertama, pembuktian berdasarkan data dan fakta indikator kunci perubahan. Hal ini sangat tergantung pada kualitas (validitas dan reabilitas) dan kecukupan (time series)  data.
            Kedua, permodelan untuk menggambarkan perubahan indikator iklim yang telah, sedang, dan yang akan terjadi. Ketiga, analisis dan sintesis, faktor penyebab dan dampak dari perubahan untuk tujuan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. (Sumber: Buku Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Indonesia)
ULAH MANUSIA PENYEBAB TERJADINYA PERUBAHAN IKLIM Reviewed by Redaksi V 091 on 3/11/2015 Rating: 5 Oleh: Drs. Hadi widiatmoko, M.Si (Kepala Bidang Pengelolaan Citra Inderaja BMKG)                Perubahan iklim menurut ...

Tidak ada komentar: