Proses Penilaian Akreditas Program Studi (Prodi) Agribisnis Faperta Unram - LPM Sativa
Minggu, 22 Maret 2015

Proses Penilaian Akreditas Program Studi (Prodi) Agribisnis Faperta Unram


Mataram, 20/03/2015).  Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni dari tangal 20-21 Maret 2015. Sebelum melakukan penilaian di Fakultas tim Asesor terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan Pimpinan Universitas dan Fakultas pada pukul 08.00 Wita di Gedung Rektorat. Hari pertama agendanya melakukan pertemuan antara Tim Borang dengan Assesor, Tim Assesor mewawancarai Mahasiswa, Alumni dan para Dosen, serta meninjau sarana dan prasarana yang ada baik di Fakultas maupun di Prodi. Penilaian Akreditasi ini dilakukan secara bersamaan antara penilaian Fakultas dengan Prodi, penilaian untuk tim Fakultas dilaksanakan di ruang Dekan Fakultas Pertanian Unram, sedangkan tim Prodi dilakukan di ruang Sidang lantai dua Faperta Unram. Ditemui diruang Dekan,wakil dekan I mengatakan “Fakultas ada persentasi borang (Portofolio). “Pokoknya evaluasi tentang proses pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi”. Setelah itu dilanjutkan dengan persentasi dokumen Institusi dengan tujuan Verifikasi atau Klarifikasi dari isi dokumen yang ada. Dokumen  yang dinilai  terdiri dari tujuh standar diantanya Visi dan Misi Fakultas Pertanian , Tata Pamong, Mahasiswa (Kemahasiswaan), Sumber Daya (Dosen dan Pegawai), Kurikulum, Tata Kelola, Penelitian dan Pengabdian. “Penilaian Akreditasi terdiri dari tiga komponen yakni Dokumentasi Institusi  dengan persentasi 15%, Dokumen Prody 75% serta Evaluasi Diri 10% yang dijumlahkan 100%, baru bisa keluar Akreditasinya”, jelas Dr. Kisman selaku wakil dekan  di Faperta unram.
 Hal yang sama juga dilakukan oleh tim Borang dari Prodi Agribisnis yang pemandunya adalah Dr.Ir. Lies Sulistyowati, Ms. Menurut  Kepala Program Studi Agribisnis Dr. Ir. Abdullah Usman, M.Agr. Ada beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut, pertama adalah persentasi dokumen Borang, (dokumen yang memaparkan tentang bagaimana profil prodi) yang diadakan di ruang sidang, kedua klarifikasi borang dan yang ketiga adalah menampung masukan-masukan untuk dijadikan bahan perbaikan borang oleh tim assesor. Jadi poinnya yg dipersentasikan adalah profil borang.” kata Abdullah. “Kenyataannya yang saya lakukan karena waktu yang terbatas itu maka saya kemas materi saya itu menjadi refleksi profil Borang”. Meskipun belum terima SK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Kaprodi Agribisnis menilai dan yakin jika Prodi bisa naik Akreditasnya. “Alhamdulilah kita mendapatkan kondisi yg membaik, kita doakan saja dari sisi gelagat ada tanda-tanda kita akan membaik gradenya, tapi kita belum terima SK jadi belum bisa kita gembar gemborkan mudahan kita akan mendapatkan grade A. Unkapnya kepada wartawan LPM Sativa sabtu kemarin.
Disamping itu pihak Prodi terhitung kompak, buktinya Mahasiswa sekitar 20 lebih dan para Alumni sebanyak 8 orang yang hadir dalam acara wawancara dengan tim Assesor. Walaupun Cuma 8 orang Alumni yang hadir pihak Prodi sangat bersyukur, “ini sudah angka besar karena 8 ini tidak mudah mengumpulkan orang sibuk,  jadi kita melakukan pendekatan khusus kita bujuk dia, Dr. Rosiadi itu cukup membantu memberikan klarifikasi karena beliau orang Perguruan Tinggi dan memang tempatnya Agribisnis sehingga beliau bisa memberikan hal-hal positif”, imbuhnya orang nomor satu di prodi Agribisnis Faperta Unram ini.  “harapan saya menaikkan dulu grade Akreditasi dari B ke A yang bisa dibanggakan dan bisa bersaing dengan Universitas yang ada di Jawa”, tambahnya mengakhiri.
Di sisi lain dari Prof. Dr. Ir. Ikhsan Semaoen, M.Sc. salah satu tim Assesor mengatakan kita menilai dari berbagai aspek mulai dari fasilitas, sumber daya manusia proses dan sebagainya. Tim Assesor belum bisa memastikan apakah gradenya berubah, “Kami tidak bisa menjanjikan apakah naik atau tidak, tugas saya adalah memotret situasi itu kemudian nanti saya serahkan kepada (BAN PT) untuk bisa didapatkan disana kemudian diputuskan”, jelasnya saat diwawancara sabtu kemarin. Tim Assesor mengaku sumberdaya manusianya sudah bagus jumlah Dr sudah memenuhi, Masternya juga dan S1nya hampir tidak ada, karena syarat Dosen itu adalah S2, “jadi kualifikasi sumber daya manusia sudah bagus, lalu persoalannya disini adalah SPPnya terlalu rendah”, bebernya. Selain itu Prof. Ikhsan juga menyinggung tentang Mahasiswa dan Organisasi, “Mahasiswa bagus, Ipnya terjadi perbaikan, Organisasi lengkap terdiri dari Organisasi Fakultas dan Jurusan/prodi bagus”, ungkapnya. Ia berpesan “Saya harapkan bisa memberikan dorongan dan kontribusi, apa yang perlu diperbaiki, masukan diminta supaya bisa lebih baik” tambah Mantan Dosen Brawijaya sekaligus Rektor Universitas Tonojoyo Madura (UTM) tersebut. (Angga, Wani, udin)
   
Proses Penilaian Akreditas Program Studi (Prodi) Agribisnis Faperta Unram Reviewed by Redaksi V 091 on 3/22/2015 Rating: 5 Mataram, 20/03/2015).  Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni dari tangal 20-21 Maret 2015. Sebelum melakukan penilaian d...

Tidak ada komentar: