PERTOLONGAN PERTAMA SAAT TELINGA KEMASUKAN SERANGGA - LPM Sativa
Sabtu, 13 Desember 2014

PERTOLONGAN PERTAMA SAAT TELINGA KEMASUKAN SERANGGA



Telinga kemasukan serangga menyebabkan timbulnya suara bergemuruh di dalam gendang telinga. Bila kamu tiba-tiba saja mendengar suara keras mendesing dan sumber suara itu berasal dari dalam telingamu, bisa dipastikan ada serangga yang masuk disana.

Ya, beberapa serangga bisa masuk ke dalam telinga, diantaranya seperti; nyamuk, semut, laron, kumbang, ngengat, dan serangga kecil lainnya. Ketika mereka masuk ke dalam telinga, mereka tidak bisa terbang atau leluasa berjalan, oleh karena itu mereka terjebak di dalam telinga. Mereka akan mencari jalan keluar sendiri, dan inilah yang menyebabkan suara gemuruh, gatal, sakit, dan pada beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi.

Kita akan belajar bagaimana menangani serangga yang masuk ke telinga dan cara mengeluarkan mereka.

Perhatian!
Jangan mencoba mengeluarkan serangga dengan cotton bud, jepit rambut, atau penjepit apapun. Ini akan membuat serangga lebih susah dikeluarkan dan membuat mereka semakin masuk ke dalam rongga telinga, akibatnya bisa merusak gendang telinga dan menyebabkan ketulian permanen.

Kamu bisa mencoba cara-cara berikut untuk mengeluarkan serangga dari dalam telinga dengan cepat.

Kamu bisa mencoba cara-cara berikut untuk mengeluarkan serangga dari dalam telinga dengan cepat.

1. Tetap tenang. Bila terjadi pada anak-anak ataupun selainnya, mintalah dan yakinkan mereka untuk tenang, jangan panik.
2. Posisikan tubuh pada posisi yang nyaman. Baringkan miring atau telentangkan tubuh pada bidang yang datar, dengan telinga yang kemasukan menghadap keatas.
3. Ambil sedikit minyak (bisa baby oil, minyak zaitun, minyak sayur) dan teteskan secara perlahan kedalam telinga yang kemasukan serangga, jangan banyak gerak. Ini akan mencegah serangga bergerak di dalam telinga dan membuat mereka mati.
NB: Bila tidak ada minyak, kamu bisa memakai air bersih.
4. Langkah Tambahan. Ambil bola kapas dan basahi dengan alkohol. Gosokkan kapas beralkohol tadi perlahan-lahan ke lubang telinga. Hati-hati, serangga bisa saja menggigit dan ini sangat menyakitkan. Alkohol akan menguap namun baunya akan memaksa serangga untuk keluar. Bila kamu tidak bisa melakukan langkah ini, lanjut saja ke no 5.
5. Aliri telinga dengan air hangat. Pakailah alat suntik (tanpa jarum) bila ada untuk melakukannya. Bila tidak ada, gelas dengan moncong kecil juga bisa digunakan. Aliri perlahan telinga dengan air hangat dan serangga akan segera keluar.
6. Medis. Pergilah ke dokter untuk lakukan follow-up tentang usaha yang baru saja kamu lakukan untuk memastikan bahwa kamu tidak merusak telingamu selama proses tadi.
Intinya, cara ini adalah membunuh serangga yang masuk ke ke telinga dengan menenggelamkannya. Saat darurat berakhir bila serangga sudah mati. Namun perlu diingat beberapa poin:

Proses diatas pada dasarnya berhasil. Namun karena suatu hal serangga tetap tidak mau keluar, segera pergi untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya.
Ketika serangga berhasil dikeluarkan, periksa apakah ada bagian tubuhnya yang hilang, seperti; kepala, kaki, dsb. Bila ada yang hilang, segera cari pertolongan medis.

SUMBER : http://goo.gl/xJqFQ
PERTOLONGAN PERTAMA SAAT TELINGA KEMASUKAN SERANGGA Reviewed by Redaksi V 091 on 12/13/2014 Rating: 5 Telinga kemasukan serangga menyebabkan timbulnya suara bergemuruh di dalam gendang telinga. Bila kamu tiba-tiba saja mendengar suara keras...

Tidak ada komentar: