Fakultas Pertanian Universitas Mataram sosialisasikan Verifikasi Grade - LPM Sativa
Jumat, 19 September 2014

Fakultas Pertanian Universitas Mataram sosialisasikan Verifikasi Grade

Mataram,(19/9/2014). kasubbag Kemahasiswaan sebagai panitia bagian publikasi dan sosialisasi dalam tim verifikasi Grade menempel pengumuman daftar Nama Mahasiswa yang diVerifikasi. Buk Rahma (sapaan akrabnya) menuturkan  “Grade yang ditempel pada mading merupakan grade sementara dimana datanya diperoleh dari data yang di isi oleh mahasiswa pada angket yang diberikan sebelumnya. Namun data yang di isi oleh mahasiswa yang tidak merujuk pada data sebenarnya sehingga dibutuhkan verifikasi. Karena tidak sedikit dari mahasiswa yang mengisi data dengan penghasilan orang tua kurang lebih RP. 500.000/bulan. Hal tersebut tidak mungkin terjadi pada kenyataannya, jika dilihat tukang bangunan saja memiliki penghasilan Rp. 800.000/hari”  Pagai kemahasiswaan mengungkapkan “60% dari mahasiswa baru (yang terdiri dari 200 lebih mahsiswa dari 400 sekian lebih mahasiswa baru) yang mengisi data angket dengan pendapatan rendah”. Jika hal tersebut terjadi terus menerus maka bagaimana program Universitas akan dapat berjalan dengan baik. Dari kejadian seperti sebelum-sebelumnya mahasiswa diharapkan mengisi data sesuai dengan keadaan” tambahnya.
I Wayan Sutressna selaku tim Verifikasi menjelaskan. ”Verifikasi yang akan dilakukan pada saat ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melihat seberapa besar kebenaran data yang diberikan oleh para Mahasiswa sesuai dengan kenyataanya. Verifikasi ini dilakukan melalui beberapa proses, mulai dari proses sidang yang berlangsung dalam ruangan yang telah ditentukan selama dua hari (22-24 September 2014), setelah diadakannnya sidang maka dari hasil sidang tersebut akan ditindak lanjuti dengan proses survey (25-27 September 2014). Proses survey dilakukan dengan pengambilan sampel terlebih dahulu, pengambilan sampel tersebut ditentukan sesuai dengan jawaban yang diperoleh melalui jawaban mahasiswa pada saat sidang berlangsung. Petugas survey berasal dari tiap-tiap fakultas, baik itu pegawai kemahasiswaan bahkan sampai PD III pun ikut terjun lapangan untuk memverifikasi kebenaran data yang diperoleh sebelumya”. Harapannya Uang Kuliah Tunggal mahasiswa berada di atas UMR, sehingga fasilitas dan program perkuliahan dapat berlangsung dengan baik” tambahnya.
Disela-sela kesibukannya Pembantu Dekan II selaku ketua Panitia dari VErifikasi Grade faperta Unram 2014 yang ditemui diruangannya menuturkan juga bahwa Uang Kuliah Tunggal ini terdiri dari 5 (lima) grade  yang telah ditentukan oleh DIKTI (pemerintah). Dari data yang diperoleh dari pengumuman yang di tempel pada Mading menunjukan peningkatan jumlah Mahasiswa yang mengikuti proses verifikasi pada tahun ini jika dibandingkan dengan jumlah pada tahun sebelumnya.
Beliau juga menambahkan “Pada tahun sebelum-sebelumnya, pernah terjadi kesalahan system pada tingkat Universitas yang menggolongkan anak dari Kepala Dinas dalam grade I (Satu/terendah), sehingga diterapkannya program verifikasi ini. Pada dasarnya sistem atau program verifikasi ini rumit, Uang Kuliah Tunggal ini dapat berubah menjadi meningkat dari  sebelumnya bahkan sebaliknya, semua itu sesuai dengan hasil verifikasi yang dilaksanakan. Jika verifikasi telah selesai maka ditetapkan grade sesungguhnya, namun jika terjadi masalah pada penghasilan di belakang hari hal ini dapat dilaporkan sehingga grade dapat berubah kembali” terangnya.
Pada tahun ajaran ini mahasiswa yang regular pagi lebih dari 60% memiliki grade sementara berkisar dari grade satu sampai dua, hal ini tentunya membutuhkan verifikasi berkelanjutan. Namun nampaknya dengan adanya verifikasi ini mahasiswa menjadi keberatan. Namun hal yang berbeda terjadi pada mahasiswa yang regular sore, meskipun Uang Kuliah Tunggal mereka rata-rata Rp. 2.000.000 dan pembangunannya Rp. 2.000.000 tampaknya tidak ada yang comflain. Kondisi yang terjadi pada Fakultas Pertanian Universitas Mataram ini hampir sama pada Fakultas Peternakan UNRAM.
Program verifkasi terdapat proses siding, pada proses tersebut mahasiswa diberi pertanyaan-pertanyaan sekitar fasilitas yang diberikan oleh orang tua mereka, seperti handphone apa yang digunakan, merk laptop mereka apa dan transfortasi yang digunakan. Dari data yang diperoleh selanjutnya diadakan survey. dan Dana surveyyan berasal dari Universitas” jelasnya PAK Wuryantoro selaku ketua panitia. (ummah/LPM Sativa VII)
Fakultas Pertanian Universitas Mataram sosialisasikan Verifikasi Grade Reviewed by Redaksi V 091 on 9/19/2014 Rating: 5 Mataram,(19/9/2014) . kasubbag Kemahasiswaan sebagai panitia bagian publikasi dan sosialisasi dalam tim verifikasi Grade menempel pengumuman...

Tidak ada komentar: